Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#tips&trik #blog #blogger

Cara Mudah Memulai Blog Bagi Blogger Pemula

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa


Apakah Anda tertarik tentang blogger dan mencari panduan mudah tentang cara memulai blog?

Panduan langkah demi langkah di halaman ini akan menunjukkan kepada Anda cara membuat blog dalam 20 menit hanya dengan keterampilan komputer paling dasar.

Panduan ini dibuat khusus untuk pemula. Saya akan memandu Anda melalui setiap langkah.

Baca juga mengenai : Blogger Milik Google : Blogspot

Haruskah Anda memulai sebuah blog?

Memulai blog yang sukses tidak harus menjadi menjadi penulis yang hebat untuk menjadi sukses. Namun persepsi tersebut salah, secara umum orang membaca situs blog untuk mendapatkan perspektif pribadi tentang berbagai hal. Jadi kebanyakan blogger menulis dengan gaya yang informal.

Blogger memiliki format yang sama, sehingga banyak blogger akan menulis tentang berbagai topik di blog yang sama.

Selain itu, Anda juga tidak harus menjadi ahli dalam topik apa pun yang Anda tulis untuk memiliki blog yang sukses. Misalnya, pengunjung blog memasak tidak ingin membaca buku teks dari ilmuwan makanan, mereka ingin mendengar pengalaman seseorang yang benar-benar memasak beberapa makanan asli, mengetahui kesalahan apa saja yang akan terjadi saat memasak, dan sebagainya.

Untuk menjadi seorang blogger sukses, hanya ada satu persyaratan yaitu Anda harus konsisten dan semangat untuk menulis blog Anda.

Pada intinya, blogging adalah tentang berbagi informasi dengan format teks. Menulis tentang hal-hal yang Anda sukai membuat proses memulai blog jauh lebih mudah. Selama Anda menulis tentang hal-hal yang benar-benar Anda minati, maka hal tersebut akan membuat Anda bersemangat dan membuat pengunjung Anda tetap tertarik.

Apa itu blog?

Secara singkat, blog adalah jenis situs web yang berfokus pada konten tertulis. Dalam panduan ini, Anda dapat memulai blog yang sukses tentang topik apa saja yang bisa dibayangkan.

Blogger sering menulis dari perspektif pribadi yang memungkinkan mereka terhubung langsung dengan pembaca mereka. Pada blog memiliki kolom “komentar” yang dapat digunakan pengunjung untuk berinteraksi dengan blogger. Berinteraksi dengan pengunjung Anda di bagian komentar membantu meningkatkan hubungan antara blogger dan pembaca.

Selain itu, berinteraksi dengan pengunjung blog Anda memungkinkan Anda untuk berinteraksi dan berbagi ide dengan orang lain yang memiliki pemikiran yang sama dan membangun kepercayaan dengan pembaca Anda. Memiliki kepercayaan dan loyalitas dari pembaca Anda juga membuka pintu untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

Saat ini, semua orang sudah mengenal internet. Hal tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan pembaca potensial untuk blog Anda. Oleh karena itu, jika Anda bingung kapan waktu yang tepat maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai sebuah blog.

Mari kita mulai blog Anda!

Langkah 1: Pilih nama blog

Anda harus memilih nama blog yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri untuk blog Anda. Hal tersebut memungkinkan untuk pembaca mengingat blog Anda.

Nama blog yang baik harus singkat dan jelas sehingga calon pengunjung dapat langsung mengetahui tentang blog Anda hanya dari namanya.

Jika Anda membuat blog tentang satu topik tertentu, maka Anda pasti ingin memasukkannya dalam beberapa cara ketika Anda memilih nama domain. Misalnya, blog memasak tidak harus memiliki kata “memasak” di dalamnya. Kata-kata seperti “makanan” dan “resep” juga akan membuat orang tahu bahwa blog Anda adalah tentang memasak.

Jika Anda berencana untuk membuat blog pribadi tempat Anda mendiskusikan berbagai topik, saya sarankan menggunakan nama Anda atau beberapa variasinya, karena blog Anda adalah tentang Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan variasi seperti “Arsya Annah Blog” atau “Blogging with Arsya Annah”. Anda juga dapat menambahkan nama tengah atau inisial tengah jika ternyata nama Anda sudah diambil.

Langkah 2: Buat blog Anda

Sekarang setelah Anda memilih nama, inilah saatnya untuk membuat blog Anda. Hal ini mungkin terdengar sulit, etapi langkah-langkah di bawah ini akan memandu Anda melalui dan mempermudah prosesnya.

Saat Anda ingin menjalankan blog Anda, maka Anda memerlukan dua hal yaitu hosting blog (juga dikenal sebagai hosting web) dan platfrom blogging. Kabar baiknya adalah bahwa ini biasanya dikemas bersama.

Hosting blog adalah perusahaan yang menyimpan semua file untuk blog Anda dan mengirimkannya kepada pengguna saat mereka mengetikkan nama blog Anda. Anda harus memiliki host blog untuk memiliki blog.

Anda juga perlu memiliki platfrom untuk membangun blog Anda. Dalam panduan ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara membangun blog menggunakan platfrom blog WordPress, karena ini adalah yang paling populer, dapat disesuaikan, dan paling mudah digunakan.

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami