Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#seo #searchengine #blog #blogger #blogbisnis

Cara Optimasi SEO Blogspot

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Tidak jarang diantara kita yang menggunakan platform Blogspot dengan alasan kemudahan yang ditawarkannya. Dengan menggunakan Blogspot tidak perlu memikirkan persoalan hosting, karena Blogspot bersifat hosted. Dengan kata lain menggunakan server milik Google, sehingga tidak diragukan lagi akan kualitasnya. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa Blogspot tidak bisa dioptimasi penuh seperti Wordpress. Lantas, bagaimana cara optimasi SEO di Blogspot?

Plugins-plugin pada Wordpress telah mendukung SEO yang siap digunakan baik gratis maupun berbayar. Salah satu plugins SEO di Wordpress yang cukup populer adalah Yoast SEO. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir selama Anda mau untuk mencobanya. Artikel ini akan menjelaskan mengenai cara optimasi SEO pada Blogspot.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan langkah mudah untuk mendatangkan pengunjung ke website yang Anda miliki. Teknik ini menerapkan keyword (kata kunci) agar dapat teridentifikasi oleh mesin pencari.

Baca Juga: Belajar SEO untuk Pemula

5 Cara Optimasi SEO Blogspot

1. Menggunakan Title Tag yang Tepat

Optimal penggunaan title tag yang Google sarankan yaitu 50-60 karakter. Hal ini masuk akal, karena penggunaan title tag yang terlalu panjang akan terpotong pada hasil SERP (Search Engine Result Page). Title tag juga harus mengandung focus keyword. Selain itu, buatlah judul yang menarik.

2. Aktifkan Fitur Search Description

Search description merupakan baris paragraf yang berisi deskripsi singkat dari artikel yang Anda buat atau biasa disebut dengan meta description. Rekomendasi untuk meta description dalam hal optimasi SEO yaitu maksimal 160 kata. Buatlah meta description menarik untuk mendorong minat pengunjung melakukan klik.

Cara mengaktifkan fitur search description di Blogspot:

Pilih Settings > Search Preferences > Descriptions : Edit dan pilih Yes. Silakan mengisi informasi mengenai Blog Anda, hal ini berfungsi sebagai deskripsi pada halaman utama.

3. Gunakan Custom Permalink

Secara default, Blogspot menggenerate permalink secara automatic, biasanya bila judul postingan panjang maka akan terpotong. Jadi, Anda bisa mengunakan custom permalink yang singkat dan mengandung focus keyword.

4. Gunakan Alt Image pada Gambar Postingan

Menggunakan alt image sangatlah penting menurut Google. Cara mengaktifkan fitur alt image pada Blogspot adalah :

Tekan pada gambar postingan > Properties > Kemudian isi title text dan alt-text.

5. Atur penggunaan Heading (H1, H2, H3, dst)

Proses ini ada yang berpendapat berpengaruh dan juga tidak berpengaruh terhadap SEO. Namun berdasarkan perbandingan, artikel ini akan tetap merekomendasikan untuk menggunakannya (secara wajar dan alami). Plugins Yoast SEO pada Wordpress juga menyarakankan penggunaan subheading yang mengandung focus keyword.

Itu dia cara yang bisa Anda coba untuk optimasi SEO Blogspot. Semoga cara tersebut bisa membantu untuk meningkatkan pengunjung website Anda. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih mendalam terkait SEO, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami