Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Cara Optimasi SEO OnPage Pada Blog

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

SEO on page merupakan strategi optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang diterbitkan. Cara optimasi SEO OnPage pada blog berfokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten. Mudahnya, SEO OnPage artinya sebagai langkah optimasi meningkatkan kualitas konten agar mudah pembaca pahami.

5 Cara Optimasi SEO OnPage pada Blog

1. Memakai Title Tag yang Tepat

Pengoptimalan menggunakan title tag yang Google sarankan yaitu 50-60 karakter. Penggunaan title tag yang terlalu panjang akan terpotong pada hasil SERP (Search Engine Result Page). Title tag juga harus memiliki focus keyword. Selain itu, Anda bisa membuat judul yang menarik.

2. Nyalakan Fitur Search Description

Search description yaitu baris paragraf yang berisikan deskripsi singkat dari artikel yang Anda buat biasa disebut meta description. Rekomendasi untuk meta description dalam hal optimasi SEO ialah maksimal 160 kata. Buatlah meta description menarik untuk meningkatkan minat pengunjung melakukan klik.

3. Pakai Custom Permalink

Secara default, Blogspot menggenerate permalink secara automatic. Bila judul postingan Anda panjang, maka akan terpotong. Sehingga, Anda bisa memakai custom permalink yang singkat dan mengandung focus keyword.

4. Cantumkan Alt Image pada Gambar Postingan

Mencantumkan alt image sangatlah penting menurut Google. Cara mengaktifkan fitur alt image pada Blogspot yaitu :

Tekan pada gambar postingan > Pilih Properties > Kemudian isi title text dan alt-text.

5. Setting penggunaan Heading (H1, H2, H3, dst)

Plugins Yoast SEO pada Wordpress juga merekomendasikan penggunaan subheading yang mengandung focus keyword.

Demikian cara yang bisa Anda coba untuk optimasi SEO OnPage pada Blog. Semoga cara tersebut bisa membantu untuk menaikkan pengunjung website Anda. Anda tertarik untuk belajar lebih mendalam terkait SEO? Yuk, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami