Cara Riset Kata Kunci di Shopee
3 tahun yang lalu - By Farah Salsabil
Shopee menjadi salah satu platform e-commerce yang sangat populer di Indonesia. Shopee memberikan peluang bagi para pembisnis untuk mengembangkan usahanya. Namun, sayangnya banyak penjual atau seller baru shopee yang tidak memperhatikan permainan kata kunci atau keyword untuk berjualan di marketplace Shopee. Untuk itu, wajib bagi seller shopee mengetahui bagaimana cara riset kata kunci di Shopee untuk agar omzet penjualan dapat meningkat.
Sebetulnya ada dua jenis orientasi keberhasilan pada penjualan di marketplace Shopee, yaitu :
- Penjual yang berhasil akibat tampilan produk. Didukung dengan faktor harga, kualitas, promo, dan sebagainya.
- Penjual yang berhasi akibat kejeliannya dalam melihat peluang kata kunci atau keyword dan juga paham terhadap SEO Shopee.
Apabila kamu merasa tidak cocok dengan kriteria poin pertama, kamu bisa coba poin yang kedua agar penjualanmu berhasil. Apalagi penjual Shopee pemula yang tentunya akan sangat sulit bersaing dengan penjual atau seller lama jika hanya mengandalkan poin pertama.
Proses riet kata kunci memerlukan waktu untuk mendapatkan rangkaian kata yang benar-benar cocok. Untuk itu kamu harus melakukan beberapa riset aspek terkait mulai dari keyword nama/username toko shopee, produk, nama produk, judul, hingga hashtag.
Baca Juga Mengenal Istilah Online Shop, Sang 'Raja Baru' di Dunia Bisnis
Riset Keyword Nama/Username Toko Shopee
Riset keyword nama atau username toko di shopee penting untuk dilakukan karena berguna untuk menciptakan branding toko. Gunakanlah nama atau username yang brandable dan kreatif.
- Buat kata yang mudah diingat.
- Gunakanlah kata -kata plesetan dari produk-mu.
- Gunakan nama dan username toko yang singkat dan unik.
- Pilih nama dan username toko yang mudah untuk diketik
- Hindarilah penggunaan angka pada username dan nama toko.
- Jika ada, gunakanlah nama dan username toko yang sesuai dengan brand official media sosial produk kamu
- Gunakanlah Hyphen (-) untuk alternatif spasi nama toko kamu agar lebih terlihat unik
Ingat, username Shopee hanya dapat dibuat sekali dan tidak dapat diubah. Jadi, pastikan kamu membuat username yang tepat.
Riset Kata Kunci Produk
Untuk riset kata kunci produk di Shopee, kamu bisa memanfaatkan tools yang tersedia seperti Google Trends, Google Keyword Planner, Keyword Shopee Related Search, dan sebagainya. Tujuan riset ini adalah untuk menentukan produk apa yang paling cocok di jual di Shopee agar menguntungkan.
Pertama kamu harus mengerti dan paham mana produk yang sedang populer dan menjadi trend dengan pola permintaan pasar yang tinggi (High Demand). Selanjut kamu tentukan kata kunci yang sesuai untuk produk tersebut. Apabila kamu sudah tahu produk apa yang cocok, pisahkanlah produk tersebut berdasarkan search intent. Apabila tujuan kamu untuk menjual produk, maka minimalisir intent informational karena pada dasarnya Shopee digunakan bukan untuk media informasi melainkan sebagai tempat transaksi.
Riset Kata Kunci Nama Produk Di Shopee
Sebagian penjual atau seller Shopee menentukan nama produk berdasarkan nama produk yang sering dilihat dan didengar. Tetapi belum tentu pembeli mengetikkan nama produk tersebut di pencarian Shopee. Jadi bagaimana seharusnya membuat nama produk yang sesuai?
Pertama, kamu harus kenali produk kamu. Pahami setiap kata yang sering dicari oembeli terkait produk yang kamu jual. Lalu pahamilah tujuan pembeli mencari produk. Selanjutnya pahamilah dasar transactional intent ini :
- Apabila kamu berada di posisi sebagai pembeli produk yang kamu jual, kata apa yang sekiranya akan kamu ketikan di pencarian Shopee?
- Apakah kamu menyediakan gratis ongkir, diskon, cashback dan sejenisnya?
Setelah mengatahui jawabanya, buatlah kesimpulan beberapa kata yang paling menggambarkan produkmu. Jika perlu, tambahkan lagi satu atau dua kata pendukung setelah kata produk. Lakukanlah hingga kamu memperoleh kata kunci judul produk Shopee yang paling cocok.
Apabila kamu merasa bingung memilih kata kunci produk Shopee yang relevan. Kamu bisa menggunakan tools seperti Shopee Keyword Related Search untuk membantu kamu menemukan kata kunci yang sesuai.
Riset Hastag Di Shopee
Hastag (#) merupakan bagian dari SEO Shopee yang meningkatkan konversi pencarian di Shopee. Hastag memiliki fungsi untuk memudahkan sistem Shopee mendeteksi produk yang paling sesuai dan dicari oleh pembeli. Untuk menentukan hastag yang cocok dengan produk, kamu bisa meenggunakan Shopee hastag autocomplete.
Nah, sekian dulu pembahasan mengenai cara riset keyword di Shopee untuk meningkatkan omzet penjualan. Apabila kamu tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut, kamu bisa bergabung besama kami di