Farah Salsabil

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Cara Riset Kata Kunci Youtube untuk Pemula

2 tahun yang lalu - By Farah Salsabil

Saat ini, setiap content creator perlu untuk memiliki kemampuan mengenai cara riset kata kunci atau keyword. Hal ini karena kata kunci atau keyword merupakan konsep yang sangat penting yang bisa menentukan banyak hal baik terhadap pencarian konten di lautan internet yang luas. Sebagai pembuat video Youtube, kamu wajib memahami cara riset kata kunci Youtube. Meski kamu mengetahui mengenai konten kamu, kamu harus bisa memahami cara memberitahu Youtube mengenai konten kamu. Jadi, Youtube akan bisa membagikan konten kamu ke orang-orang yang benar-benar ingin menonton konten kamu sesuai dengan target khalayak.

Banyak kesalahan yang dilakukan conten creator Youtube, yaitu tidak mencari kata kunci sebelum membuat konten. Hal tersebut menimbulkan permasalahan pada jumlah viewers. Konten tidak akan mendapatkan jumlah viewers yang banyak karena konten kamu sulit ditemukan orang. Sehingga akan sangat sulit untuk memperoleh traffic yang organik dari media tersebut. Oleh karena itu kamu harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk menemukan kata kunci yang sesuai. Berikut merupakan cara riset kata kunci Youtube menggunakan beberapa tools.

Baca Juga Pemula Menggunakan TikTok ? Cek Tutorialnya Disini

Keywords Everywhere

Tool keywords Everywhere merupakan plugin Mozilla Firefox yang juga tersedia sebagai ekstensi di Google Chrome. Keywords Everywhere dapat kamu manfaatkan sebagai tools riset kata kunci. Dengan tools ini, kamu bisa mengetahui search volume, CPC, dan kompetisi AdWords. Tools ini dapat kamu gunakan untuk YouTube.

Cara menggunakannya mudah, kamu tinggal memasang plugin ini pada browser kamu dan tinggal cari kata kunci yang kamu inginkan pada kolom pencarian YouTube. Secara otomatis data yang telah kamu sebutkan sebelumnya akan muncul di bawah kolom pencarian.

SEMrush

Bagi pemula yang ingin mencari kata kunci, ada baiknya kamu memulainya dengan menganalisa persaingan dengan menggunakan SEMrush. Meskipun tools ini menyediakan informasi berdasarkan search volume Google, tapi tools ini bisa membantu kamu melihat insight topik apa yang populer dan banyak orang cari. Setelah kamu memperoleh informasi ini, selanjutnya kamu cari skor kesulitan kata kunci menggunakan SEMrush. Kesampingkan dulu hasil pencarian yang tinggi di Google, tetaplah gunakan kata kunci atau keyword tersebut untuk konten YouTube. Karena di beberapa kasus, konten dengan kata kunci atau keyword yang tinggi belum ada di YouTube.

Google Trends

Google Trends merupakan tools yang juga bisa kamu gunakan untuk mencari ide dalam membuat konten YouTube. Metode untuk riset kata kunci YouTube terbaik yaitu dengan menggunakan Google Trends. Tools ini bisa kamu gunakan secara gratis dan hasil kata kunci terbilang kuat dan akurat untuk mencari tren apa yang sedang banyak orang cari.

Itulah beberapa cara riset kata kunci Youtube untuk pemula. Semoga bermanfaat! Untuk Artikel yang lain bisa

kunjungi web kami Campus Digital

 

Hubungi Kami