Salwa Nida

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #wabsite #konsepdigitalmarketing #jenisseo

Cara Sukses Bisnis Iklan di Facebook

2 tahun yang lalu - By Salwa Nida

[caption id="" align="aligncenter" width="409"]Facebook sebagai media sosial untuk transaksi jual beli Facebook sebagai media sosial untuk transaksi jual beli[/caption]

Saat ini, Facebook merupakan media sosial yang memiliki pengguna aktif setiap bulan sebanyak 2,7 miliar. Dengan banyaknya pengguna aktif ini maka tidak terelakkan bahwa banyak pebisnis yang menggunakan Facebook. Mereka menggunakan Facebook sebagai media dalam transaksi jual beli. Oleh karena itu, Facebook sendiri mulai memunculkan fitur iklan untuk membantu hal ini. Fitur iklan ini pastinya sangat membantu para pebisnis ini. Lalu, bagaimana cara sukses bisnis iklan di Facebook?

Berikut merupakan cara sukses bisnis iklan di Facebook

1. Tetapkan Target Pasar Secara Jelas

Menetapkan target pasar dari produk merupakan langkah yang penting. Tanpa adanya target yang jelas maka Anda tidak bisa menetapkan pembeli potensial dari produk Anda. Sebuah iklan, tanpa target adalah sebuah hal yang sia-sia. Pembuatan target bisa dengan cara membuat profil pelanggan yang terperinci. Yang mana hal ini nantinya akan berdampak besar pada pemasaran Anda secara keseluruhan.

Anda bisa mulai melihat klien saat ini untuk mendapatkan inspirasi dan membuat asumsi jika Anda tidak memiliki data. Jangan menunggu survei atau hasil dari wawancara untuk membuat draf pertama Anda. Anda dapat mempelajari iklan pesaing Anda dan mendapatkan manfaat dari Hari pertama dari semua pekerjaan yang sudah mereka lakukan

 

2. Lihat Para Pesaing Bisnis yang Sama

Mulailah menggunakan google untuk menemukan pesaing bisnis Anda. Periksa siapa yang membeli iklan google, dan lihat nama merek mereka di perpustakaan iklan Facebook . Ini akan memberi Anda beberapa template yang akan digunakan untuk iklan Anda.

Anda dapat menggunakan beberapa metode dan alat lain untuk mengevaluasi dan menganalisis Iklan Facebook dari pesaing. Misalnya, Anda dapat mencentang kotak Transparansi Halaman di halaman pesaing dan memeriksa pustaka iklan mereka atau Anda bisa mendapatkan wawasan penargetan dengan “Mengapa Saya Melihat Iklan Ini?” tetapi saya telah menemukan bahwa Perpustakaan Iklan Facebook adalah opsi termudah yang cukup akurat saat ini.

3. Mengoptimalkan Iklan yang Akan dibuat

Sebelum Anda mulai beriklan di Facebook, Anda harus mempertimbangkan tiga komponen penting yang merupakan bagian dari setiap kampanye yang berhasil. Jika Anda tidak memasukkannya, maka Anda akan tetap tidak berhasil mewujudkan impian untuk membuat iklan yang sukses.

Tiga komponen penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Penawaran yang hebat: Anda bisa memulainya dengan prospek yang sudah Anda buat sebelumnya. Menemukan penawaran yang hebat ini berarti menemukan daya tarik dari produk Anda agar orang yang Anda targetkan tertarik.
  2. Target yang jelas: Segmentasi adalah salah satu alat paling kuat dari Iklan Facebook. Anda harus sangat spesifik tentang siapa yang ingin Anda jangkau.
  3. Tulisan yang menarik: Anda harus memasukkan penawaran Anda ke dalam kata-kata dengan cara yang dapat membuat target Anda tertarik. Banyak pebisnis saat ini yang tidak dapat membuat tulisan yang baik. Hal ini perlu adanya latihan, tetapi begitu Anda menguasainya teknik penulisan ini, maka hasilnya akan luar biasa

4. Menentukan Jenis Iklan yang Akan dibuat

Hal pertama yang harus Anda lakukan di Facebook saat menyiapkan iklan adalah memilih tujuan yang tepat. Facebook memiliki daftar sebelas tujuan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun, tujuan yang populer saat ini hanya ada empat, yaitu:

  1. Traffic atau iklan lalu lintas, halaman arahan yang menawarkan sesuatu secara gratis, webinar, laporan gratis, kuis, dll. Hasil dari iklan ini tergantung pada kemampuan halaman arahan untuk mengonversi pengunjung.
  2. Iklan Prospek, cocok untuk menghasilkan calon pelanggan. Ini adalah cara cepat untuk mendapatkan info kontak dari orang asing dengan imbalan sesuatu yang mereka anggap berharga, tanpa keluar dari Facebook. Iklan prospek sangat bagus untuk membuat daftar untuk dikembangkan menjadi pelanggan Anda.
  3. Iklan video, merupakan format iklan yang paling efektif. Itu dapat mengaitkan audiens Anda dengan video, yang berarti mereka terlibat dengan iklan Anda untuk durasi yang lebih lama.Durasi video yang diizinkan Facebook untuk Anda publikasikan dalam iklan ini adalah maksimum 120 menit. Tetapi perhatikan bahwa iklan video terbaik berdurasi di bawah 2 menit.
  4. Iklan menggunakan post timeline, merupakan cara paling sederhana untuk beriklan di Facebook. Anda bisa beriklan dengan memposting sesuatu pada timeline Anda, dan Anda nantinya akan membayar untuk meningkatkan jangkauan mereka.Namun, memiliki kelemahan yaitu tidak memiliki beberapa fitur penyesuaian yang ada pada iklan Facebook karena bukan dari Ads Manager. Menggunakan cara ini adalah hal yang baik untuk membuat lebih banyak orang melihat postingan Anda dan biasanya performanya lebih baik daripada rata-rata.
  5. Iklan menggunakan Messanger, Jenis iklan ini menggunakan tombol Kirim Pesan untuk mengirim prospek Anda ke obrolan messenger. Ini adalah opsi yang bagus jika Anda memiliki urutan Messenger. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menguji kreativitas Anda untuk menemukan iklan yang paling sesuai dengan audiens target Anda.

5. Menggunakan Parameter Untuk Mengukur Keberhasilan Iklan

Mengukur keberhasilan iklan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Agar berhasil dengan menggunakan iklan Facebook, Anda harus menguji salinan Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan mempelajari teknik yang sesuai untuk bisnis Anda. Namun, Anda mungkin bisa menggunakan contoh dibawah untuk mengukur keefektifan iklan Anda.

A — Apakah itu menarik perhatian ?

B — Apakah itu mengkomunikasikan manfaat yang berarti ?

C — Apakah ada Ajakan untuk Bertindak ?

Semua trik ini hanyalah sebuah trik belaka jika Anda tidak menerapkannya. Oleh karena itu, penerapan semua ini kepada bisnis Anda adalah langkah yang harus Anda berikan selanjutnya.

 Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.

Hubungi Kami