Randy

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # #terupload #tips&trik #marketplace

Content Writer ? Pekerjaan yang cocok saat pandemi ?

2 tahun yang lalu - By Randy

Pada sebuah informasi, konten, dan artikel yang terdapat pada berbagai media digital, terdapat orang-orang yang berjasa pada isi sebuah informasi, konten dan artiel tersebut, bernama content writer.

Saat ini dunia tengah memasuki era digital di mana mencari informasi merupakan suatu kebutuhan sehari-hari bagi manusia. Asupan informasi pada era saat ini sangat dengan mudah dan praktis dapat dinikmati salah satunya karena peran mereka.

Dalam masa pandemi covid-19 saat ini, content writer ialah sebuah pekerjaan yang sangat favorit karena sangat cocok pada saat pembatasan mobilitas masyarakat seperti ini.

Lalu, sebenarnya apa sih content writer itu? Apa saja tugas dan tanggung jawabnya? serta Berapa kisaran penghasilan seorang content writer?

APA SIH CONTENT WRITER ITU?

Unrecognizable employee working with laptop Free Photo

Content writer merupakan seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik dan unik pada media digital. Konten dapat berbentuk sebuah artikel, blog, kiriman di sosial media, atau apapun yang berbasis online.

Selain menulis, seorang content writer juga memiliki sebuah tanggung jawab yang cukup besar yaitu seorang content writer harus dapat memastikan agar web site, gambar serta tulisan yang dibuatnya selaras dan berkaitan serta tidak mengandung beberapa unsur yang negatif

Mereka pun harus dapat berupaya bagaimana cara menulis konten yang dapat disukai oleh para pembaca atau topik apa yang harus mereka tulis sesuai dengan target, supaya pembaca mendapatkan hal yang di inginkan.

Dengan kata lain, dalam ukuran tertentu, mereka juga bertanggung jawab atas traffic sebuah website.

Nah, bagaimana denganmu sendiri? Apakah kamu sudah cocok jadi content writer? apakah kamu ingin menjadi content writer yang baik serta berwawasan?

Baca Selengkapnya https://artikel.campusdigital.id/?p=2670&preview=true

Tanggung Jawab Seorang Content Writer

Seorang content writer mempunya sebuah tanggung jawab yang cukup besar. apa itu?

1. Membuat, mengelola, dan mendistribusikan konten

Selain menulis, seorang content writer juga mempunyai tugas untuk mengelola serta mengatur kapan artikel atau konten tersebut tayang sehingga masyarakat dapat menikmatinya.

Jika writer menulis pada sebuah web, mereka juga mempunya tanggung jawab untuk menerbitkan, mengatur tanggal, dan juga memastikan jika konten tersebut telah memenuhi standar SEO.

Sementara itu, jika writer bekerja di bidang media sosial, mereka sudah memiliki jadwal untuk melakukan posting, boost post, dan juga memastikan gambar dan tulisan selaras serta tidak memuat hal-hal yang bersifat negatif.

2. Melakukan riset

Riset merupakan hal yang sangat penting dalam menjadi seorang penulis khususnya sebagai seorang content writer. Jangan sampai sebuah konten yang kamu buat merupakan hasil dari plagiat atau informasi yang tidak bersumber yang kuat. Bahkan sampai menyinggung suatu instansi atau bersifat negatif

Jika menulis berita, jangan lupa untuk mencari sudut pandang lainnya agar berita tak berat sebelah atau dengan kata lain tidak memihak satu pihak saja.

Secara spesifik, riset juga penting untuk mengetahui sebuah tren terbaru. Tren terbaru ini dapat sebagai sumber untuk menulis, apalagi untuk social media content writer.

3. Mengenal SEO

Sering kali, content writer akan menulis untuk web berdasarkan kata kunci untuk SEO. Maka dari itu, sebelum terjun langsung ke dalam dunia penulisan, penulis wajib untuk mengetahui seperti apa dasar-dasar SEO serta SEO yang baik dalam sebuah penulisan.

4. Memiliki kemampuan editorial yang baik

Biasanya beberapa perusahaan atau media khususnya yang mempunyai pangsa pasar yang luas. akan menyediakan seorang editor untuk menyunting tulisan sebelum tayang. Namun, writer yang bekerja di start up atau agency biasanya bekerja secara mandiri.

kemampuan editorial sangat penting untuk melakukan perbaikan kembali sebuah konten sebelum tayang pada media digital. Biasanya, tugas melakukan perbaikan kembali ialah tugas dari seorang senior writer

Dalam beberapa kasus, senior writer juga mempunyai tugas sebagai editor. Jika kamu naik menjadi seorang senior, kemampuan dalam melakukan pengecekan kualitas sebuah tulisan harus terus meningkat dari sebelumnya.

Berapa Penghasilan Seorang Content Writer?

content writer saat ini ialah sebuah pekerjaan baru pada era digital sekarang. kaum milenial sangat mendominasi sebuah pekerjaan ini karena memang era digital saat ini sangat cocok dengan kaum milenial.

Penghasilan seorang content writer berada pada kisaran Rp 4.077.344 per bulan, semua itu tergantung terhadap perusahaan yang menaungi content writer tersebut.

Jika kamu ingin menjadi seorang content writer yang berwawasan serta profesional , kamu dapat mengikuti sebuah pelatihan yang dibuat oleh https://campusdigital.id/ . Melalui pelatihan ini kamu dapat mengembangkan potensi diri yang kamu miliki.

 

Hubungi Kami