Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # marketplace #trik & tips

Contoh Digital Marketing Sukses Pada Small Business

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

sedikit bisnis kecil-kecilan yang sukses karena strategi Digital Marketing yang jitu. Apa saja cerita mereka?[/caption]Di masa yang serba digital ini, sudah tidak sedikit bisnis-bisnis yang melejit kesuksesannya karena Digital Marketing. Hanya dengan menggunakan tools-tools yang umum di kalangan masyarakat awam saja, mereka bisa meraup keuntungan yang melimpah. Kira-kira ada tidak yang contoh strategi Digital Marketing yang sukses pada usaha-usaha kecil? Jawabannya tentu saja ada. Contoh Digital Marketing sukses pada small business ini akan menginspirasi kalian sebagai Digital Marketer untuk mulai menggali potensi kalian!

Baca juga Digital Marketing dalam Bisnis Start-up

Scarlett Whitening

Siapa yang tidak mengenal brand kecantikan dan perawatan kulit yang namanya sedang naik daun akhir-akhir ini? Scarlett Whitening merupakan salah satu perusahaan skincare rintisan yang berhasil memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produk mereka. Strategi utama mereka adalah menggunakan para influencer yang belum terlalu terkenal untuk mereview produk mereka. Dengan adanya micro-influencer ini, perusahaan dapat mengeluarkan biaya yang minim sebagai biaya promosi mereka. Selain itu, para influencer yang belum terkenal ini rata-rata memiliki hubungan yang akrab dengan para pengikut mereka. Hasilnya, pengikut mereka akan mudah percaya testimoni produk yang mereka publikasikan.

Erigo

Erigo merupakan salah satu contoh brand fashion lokal yang dapat membawa produk mereka untuk bersaing di panggung internasional. Pada tahun 2015, Erigo mampu mencapai omzet hingga Rp 22 miliar dan menjadi salah satu brand fashion terbaik karya anak bangsa. Dalam perjuangannya, Erigo menggunakan website buatan sendiri dan media sosial Instagram untuk memasarkan produk mereka. Di dalam Instagram, mereka berhasil bekerja sama dengan berbagai pesohor untuk mengiklankan produk mereka. Hingga saat ini, mereka rajin melakukan kolaborasi dengan brand-brand lokal lainnya dan juga artis-artis untuk merilis produk-produk baru. Mereka juga kerap mengiklankan produk mereka di berbagai homeless media Instagram yang memiliki banyak audiens.

Maicih

Produk makanan ringan yang satu ini mulai merintis usaha mereka dari nol sejak Juni 2010. Sistem pemasaran mereka di awal kesuksesan mereka terbilang unik karena mereka sudah menggunakan sistem Viral Marketing. Dahulu, mereka menjual produk-produk mereka melalui truk yang berjalan dari tempat-ke tempat. Tempat yang digunakan untuk berjualan sangatlah acak sehingga banyak yang penasaran akan info dari lokasi tersebut. Hal ini membuat jumlah pengikut Twitter Maicih meningkat drastis. Nantinya, informasi mengenai posisi mereka berjualan akan mereka sebar melalui Twitter per minggunya. Dengan informasi tersebut, pengikut akun Twitter Maicih akan langsung berbondong-bondong meluncur ke lokasi. Sesampainya di lokasi, para pembeli akan langsung menemukan antrean pembeli yang sangat panjang. Dalam waktu singkat, produk Maicih pun dapat langsung habis dan para pembeli baru bisa membeli produknya seminggu setelahnya.

Ini dia strategi marketing dari bisnis-bisnis rintisan yang dapat kalian semua terapkan sebagai Digital Marketer kedepannya. Semoga bermanfaat untuk pengembangan kemampuan dan pengetahuan kalian! Salam sukses!

 bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami