Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Convert Video yang Bisa Dikirim Via WhatsApp

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Cara Convert Video yang Bisa Dikirim Via WhatsApp - Sebagai salah satu aplikasi yang memiliki pengguna paling banyak, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan video. Namun terkadang ketika ingin mengirimkan video yang ada pada HP, pengirimannya gagal.

Hal ini juga sering di sertai dengan notifikasi jenis file tidak didukung atau file format is not supported, atau juga video terlalu besar.

Jangan risau, sebab terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal ini. Diantaranya adalah dengan mengganti format menggunakan pihak ketiga.

Baca juga artikel : Cara Mengirim Video Ukuran Besar Lewat Email

File yang di dukung oleh whatsapp adalah sebagai berikut:

  • Kapisitas ukuran file maksimal 16 MB
  • Durasi video 90 detik sampai 3 menit
  • Format video yang di dukung yaitu Mp4 (recommended), AVI, MKV, 3GP
  • Setelah mengetahui jenis file dan ukuran file yang WhatsApp dukung, selanjutnya kita dapat mengubah video yang ingin kita kirim supaya sesuai dengan ketentuan WhatsApp. Dengan begitu, video dapat terkirim dan langsung di putar di aplikasi WhatsApp.

Langkah yang dapat kamu lakukan agar video dapat terkirim melalui whatsapp:

  • Mengecilkan ukuran file (compress)
  • Memotong durasi video (trim/cut)
  • Mengubah format file (convert)
  • Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan platform lain untuk upload video. Seperti, YouTube dan Google Drive.

3 Website Convert Video untuk Dikirim via WhatsApp

1.Video-converter.com

Situs video converter yang pertama yaitu video-converter.com. Website ini merupakan situs gratis yang dapat mengubah atau mengonversi file video. Caranya kamu cukup membukanya melalui browser, kamu sudah dapat mengubah format video, resolusi, dan ukuran video.

Batas ukuran file yang dapat kamu konversi pada situs ini yaitu 4 GB. Format yang di dukung juga bermacam-macam, diantaranya yaitu mp4, avi, mpeg, mov, flv, 3gp, webm, mkv, dan lain lain.

Langkah untuk melakukan konversi sangatlah mudah. Kamu dapat menggunggah file video langsung ke situs ini atau menggunakan url video, Google Drive, atau Drop Box. Setelah file berhasil terupload, pilih format video yang ingin kamu gunakan.

Setelah file terkonversi, selanjutnya kamu dapat mendownload nya dan mengirimkannya melalui WhatsApp.

2.Convertio.co

Menggunakan situs ini, caranya juga hampir sama dari situs yang sebelumnya kita bahas.

Bedanya, kamu dapat menggunakan tarik dan lepaskan atau drag and drop, bila menggunakan browser di komputer. Sehingga cara ini akan memudahkanmu karena tidak perlu mencari file nya lagi.

Algoritma pengolahan video yang convertio.co gunakan juga berkualitas tinggi. Dengan begitu, hasil video yang terkonversi mempunyai kualitas istimewa. Format yang di dukung situs ini juga banyak.

3.www.kapwing.com

Kapwing juga menjadi situs yang sering di manfaatkan untuk convert video ke dalam format mp3, gif, mp4, dan jpeg secara online.

Hampir sama dengan situs video converter lainnya, langkah yang perlu kamu lakukan yaitu cukup unggah video, pilih format yang kamu inginkan untuk di export, kemudian download atau share file hasil convert tersebut.

Menariknya juga, Kapwing lebih dari video converter saja, melainkan juga menyediakan fitur lain. Seperti trimmer, resizer, waveforms, overlays, stock asset, templates, dan lainnya.

Sementara tampilan dari situs ini juga mobile friendly loh. Sehingga bagi kamu yang mengakses dari HP tidak akan kesulitan untuk menggunakan fitur-fitur dari situs ini.

Demikian beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk convert video yang bisa dikirim via WhatsApp. Semoga cara ini dapat membantu kamu. Ketahui informasi lainnya tentang dunia bisnis dan digital disini.

Hubungi Kami