Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

3 tahun yang lalu


#tips&trik #marketplace #wabsite

CRM : Pengertian Dan Manfaatnya Dalam Bisnis.

3 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Perkembangan dunia digital yang makin meluas membuat banyak sektor berubah salah satunya dari sektor bisnis. Banyaknya sistem informasi yang bermunculan untuk berbagai kebutuhan bisnis merupakan salah satu dampak dari digitalisasi yang terjadi. Salah satu sistem informasi yang muncul adalah Customer Relationship Management atau CRM. Pada bagian kali ini kita akan membahas mengenai CRM dan manfaat yang bisa menguntungkan bagi dunia bisnis.

Pengertian CRM

Customer Relationship Management atau CRM adalah sebuah pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan antara pihak korporasi (perusahaan) dengan pelanggan pada level bisnis. Sehingga, dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui kontak dari user yang berbeda.

CRM (Customer Relationship Management) mencoba melakukan kombinasi antara kebijakan, proses dan strategi yang ada pada perusahaan menjadi satu kesatuan. Penggunaan metode ini bertujuan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan serta untuk menelusuri informasi pelanggan.

Manfaat Bagi Bisnis

  1. Mendorong Loyalitas Pelanggan

CRM akan mendorong perusahaan memanfaatkan informasi yang mereka dapatkan dari pelanggan dengan sebaik mungkin. Jika hal ini dapat mereka lakukan secara konsisten maka akan mampu mendorong loyalitas dari pelanggan tersebut.

  1. Meningkatan Efisiensi dan Mengurangi Biaya 

Dengan melakukan penerapan metode tersebut maka penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan dapat memiliki skema yang spesifik dan fokus serta dapat menargetkan pelayanan pada pelanggan yang tepat di saat yang tepat. Kemudahan dalam proses penjualan dan layanan akan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow.

  1. Meningkatkan Pendapatan

Penerapan metode ini akan memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi mengenai pelanggan seperti data tren pembelian oleh pelanggan yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan suatu produk. Hal tersebut membuat penerapan CRM yang tepat akan meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional dan peningkatan time to market yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan pendapatan perusahaan.

Itulah ulasan singkat mengenai CRM (Customer Relationship Management). Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai CRM (Customer Relationship Management). Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini


bisa lihat juga di website Campusdigital



Hubungi Kami