Kariena Andiniyar

Kontributor

2 tahun yang lalu


#cryptocurrency #seo

Cryptocurrency: Pengertian, Keuntungan dan Kerugian

2 tahun yang lalu - By Kariena Andiniyar

Kamu mungkin sudah mendengar mengenai istilah cryptocurrency atau dalam bahasa Indonesianya adalah mata uang kripto. Mata uang ini pun sempat heboh karena salah satu orang yang berpengaruh di dunia, menggunakannya sebagai alat investasi. Sebelum itu, yuk simak mengenai apa itu cryptocurrency di bawah ini:

Photo by David McBee from Pexels

Apa Itu Cryptocurrency?


Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual dengan kriptografi sebagai penjaminnya. Kriptografi ini yang membuat mata uang kripto hampir tidak mungkin untuk melakukan pemalsuan atau pembelanjaan ganda. Kebanyakan dari mata uang kripto ini adalah sebuah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain. Dalam arti lainnya adalah sebuah buku besar terdistribusi yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda.

Fitur yang menentukan dari mata uang kripto adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Sehingga, cryptocurrency adalah sistem yang memungkinkan pembayaran online yang aman yang terdenominasi dalam bentuk "token" virtual, yang diwakili oleh entri buku besar internal ke sistem. "Crypto" mengacu pada berbagai algoritma enkripsi dan teknik kriptografi yang melindungi entri ini, seperti enkripsi kurva elips, pasangan kunci publik-swasta, dan fungsi hashing.

Jenis Cryptocurrency

Mata uang kripto berbasis blockchain pertama adalah Bitcoin. Bitcoin ini masih tetap menjadi yang paling populer dan paling berharga. Saat ini, ada ribuan mata uang kripto alternatif dengan berbagai fungsi dan spesifikasi. Beberapa di antaranya adalah klon atau fork Bitcoin, sementara yang lain adalah mata uang baru yang dibangun dari awal.

Bitcoin luncur pada tahun 2009 oleh individu atau kelompok yang terkenal dengan nama samaran "Satoshi Nakamoto." Pada Maret 2021, ada lebih dari 18,6 juta bitcoin yang beredar dengan total kapitalisasi pasar sekitar $927 miliar.2

Hasil dari beberapa mata uang kripto yang bersaing berkat kesuksesan Bitcoin, terkenal sebagai "altcoin", termasuk Litecoin, Peercoin, dan Namecoin, serta Ethereum, Cardano, dan EOS. Saat ini, nilai agregat dari semua semua mata uang kripto yang ada adalah sekitar $1,5 triliun—Bitcoin saat ini mewakili lebih dari 60% dari total nilai.

Note: Penggunaan berapa kriptografi yang ada dalam cryptocurrency saat ini pada awalnya untuk aplikasi militer. Pada satu titik, pemerintah ingin menempatkan kontrol pada kriptografi serupa dengan pembatasan hukum pada senjata, tetapi hak warga sipil untuk menggunakan kriptografi dijamin dengan alasan kebebasan berbicara.

Keuntungan dan Kerugian Cryptocurrency

Keuntungan

Cryptocurrency menjanjikan kemudahan untuk mentransfer dana secara langsung antara dua pihak, tanpa memerlukan pihak ketiga yang terpercaya seperti bank atau perusahaan kartu kredit. Pengamanan transfer ini menggunakan kunci publik dan kunci pribadi dan berbagai bentuk sistem insentif, seperti Proof of Work atau Proof of Stake.

Dalam sistem cryptocurrency modern, "dompet" atau alamat akun pengguna, memiliki kunci publik, sedangkan kunci pribadi hanya pemilik yang mengetahuinya. Pemilik juga bisa menggunakannya untuk menandatangani transaksi tersebut. Penyelesaian transfer dana menggunakan biaya pemrosesan yang minimal, memungkinkan pengguna untuk menghindari biaya tinggi yang bank dan lembaga keuangan bebankan.

Kekurangan

Sifat transaksi mata uang kripto yang semi-anonim membuatnya sangat cocok untuk sejumlah kegiatan ilegal, seperti pencucian uang dan penghindaran pajak. Namun, pendukung cryptocurrency sering sangat menghargai anonimitas mereka, dengan alasan manfaat privasi seperti perlindungan bagi pelapor atau aktivis yang hidup di bawah pemerintahan yang represif. Beberapa cryptocurrency lebih pribadi daripada yang lain

Bitcoin adalah pilihan yang relatif buruk untuk melakukan bisnis online ilegal. Hal ini karena analisis forensik dari blockchain Bitcoin telah membantu pihak berwenang menangkap dan menuntut penjahat. Namun, lebih banyak koin berorientasi privasi, seperti Dash, Monero, atau ZCash, yang jauh lebih sulit dilacak.

Kritik terhadap Cryptocurrency

Dasar harga pasar untuk mata uang kripto ada pada penawaran dan permintaan. Di sana, tingkat mata uang kripto dapat kamu tukar dengan mata uang lain dapat berfluktuasi secara luas. Hal ini karena banyak dari desain mata uang kripto memastikan tingkat kelangkaan yang tinggi.

Bitcoin telah mengalami beberapa lonjakan cepat dan keruntuhan nilainya. Naik setinggi $19.000 per Bitcoin pada Desember 2017 sebelum turun menjadi sekitar $7.000 pada bulan-bulan berikutnya. Mata uang kripto dianggap oleh beberapa ekonom sebagai mode berumur pendek atau spekulatif gelembung.

Ada kekhawatiran bahwa cryptocurrency seperti Bitcoin tidak berakar pada barang material apa pun. Beberapa penelitian, mengidentifikasi bahwa biaya produksi Bitcoin, secara langsung berkaitan dengan harga pasarnya.

Blockchain Cryptocurrency sangat aman, tetapi aspek lain dari ekosistem cryptocurrency, termasuk pertukaran dan dompet, tidak kebal terhadap ancaman peretasan. Dalam 10 tahun sejarah Bitcoin, beberapa bursa online telah menjadi sasaran peretasan dan pencurian.

Meskipun demikian, banyak pengamat melihat potensi keuntungan dalam cryptocurrency. Potensi tersebut seperti kemungkinan mempertahankan nilai terhadap inflasi dan memfasilitasi pertukaran sementara lebih mudah pengangkutan dan pembagiannya daripada logam mulia. Cryptocurrency juga berada di luar pengaruh bank sentral dan pemerintah.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami