Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#bisnis online # blog # digitalmarketer # digitalmarketing # seo # SEO Marketing

Digital Marketing: Cara Membuat Blog Bisnis

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Di era digital seperti sekarang ini, banyak digital marketer yang tertarik dengan berbagai teknik strategi untuk meningkatkan bisnis mereka. Salah satu nya adalah cara membuat blog. Blog merupakan salah satu konten yang paling banyak dan sering di gunakan dalam strategi digital marketing di tiga tahun belakangan ini. Namun sebenarnya blog juga banyak di minati oleh individu yang memiliki keperluan pribadi ataupun hobby lho!

Lalu bagaimana cara membuat blog yang menarik? Pada artikel kali ini akan kami bahas mengenai cara membuat blog yang bisa menghasilkan keuntungan. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Blog Bisnis ?

Secara umum pengertian blog adalah suatu aplikasi website yang di dalamnya berisi konten-konten tertentu baik itu berupa tulisan yang diperuntukan pada topik tertentu yang biasa di sebut niche. Blog memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk membangun kredibilitas bisnis dan ketertarikan dengan calon pelanggan sehingga bisa terbentuknya brand loyalty pada brand bisnismu. Blog sendiri dapat di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan tujuan dan topiknya.

Bagi seorang pemula yang ingin terjun ke dunia marketing dengan menggunakan konten blog, tentu penasaran bagaimana cara memulai sebuah blog untuk mendatangkan keuntungan dalam bisnis!

Menentukan Topik Blog Bisnis

langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai membangun sebuah bisnis menggunakan blog, kamu harus menentukan topik atau Niche blog bisnis milikmu terlebih dahulu. Dengan menentukan topik dalam blog bisnis akan memudahkan kamu dalam melakukan penataan konsep untuk konten untuk blog kamu ke depannya. Perlu di ingat bahwa topik harus relevan dengan bisnis yang sedang di jalankan.

Menetukan Nama Domain

Setelah kamu menentukan topik blog, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan nama domain untuk blog bisnis milikmu. Nama domain yang di gunakan haruslah professional, karena nama domain blog akan menjadi identitas bisnismu secara online. Pastikan kamu memiliki nama domain yang dapat mencerminkan bisnis milikmu.

Memilih Layanan Hosting

Hosting adalah alamat yang di gunakan untuk mengakses blog milikmu. Fungsinya agar pengunjung blog dapat mencari atau mengunjungi konten tersebut. Jika kamu menggunakan blog seperti WordPress, maka yang akan di temukan seperti ini https://namablog.wordpress.com

Mempelajari Teknik SEO

SEO sangat berperan penting dalam pembuatan konten-konten blog. Dengan SEO, konten yang kamu buat bisa muncul dalam mesin pencari google dan kemungkinan bisa tampil di halaman utama pada mesin pencari. Sehingga akan berpeluang besar mendapatkan pengunjung blog yang lebih banyak untuk menarik pelanggan.

Jika kamu tertarik untuk membuat blog bisnis profesional, kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital. Di sini kamu akan di bimbing oleh tutor profesional yang siap membantu kamu. Yuk daftar dan jadi bagian Campus Digital bersama kami.

Hubungi Kami