Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #digitalstrategy

Digital Strategist: Mari Kenali Profesinya!

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

[caption id="" align="aligncenter" width="360"]digital strategist Yuk kenali salah satu dari profesi yang berjasa besar di dunia Digital Marketing ini![/caption]

Halo sobat Gen Z, salam sukses! Kalian yang belajar Digital Marketing bingung ingin meniti jalan karir di profesi apa? Tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk memulai karir kalian sebagai Digital Strategist! Sekadar informasi, profesi ini merupakan salah satu yang paling bernilai tinggi di abad ini loh! Penasaran apa saja pekerjaan mereka? Tenang saja, kami telah merangkum semua jobdesk mereka dari A hingga Z di sini!

Baca juga Profesi Content Creator dalam Bisnis

Mengenal Digital Strategist

Hmmm... siapa mereka?

Sebelum membedah apa saja tanggung jawab dan pekerjaan dari profesi ini, mari berkenalan dulu dengan profesinya. Sesuai dengan namanya, mereka merupakan suatu tim atau individu yang menciptakan solusi dan strategi atas segala permasalahan milik brand yang mereka tangani melalui teknologi digital. Bisa dibilang bahwa mereka merupakan brand beserta target audiencenya melalui strategi digital yang mereka buat. Intinya, mereka bertanggung jawab untuk mengakali bagaimana teknologi digital dapat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness mereka di tengah masyarakat.

Tugasnya ngapain aja, sih?

Adapun tugas dari mereka secara garis besar juga sangat dominan di divisi yang berkaitan dengan Digital Marketing. Aktivitas produksi konten, optimasi website, pemasaran melalu marketplace digital, dan sejajarannya ada di bawah kontrol mereka secara langsung. Ini berarti para Digital Strategist memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak sedikit, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu Website Developer dan Content Writer dalam meningkatkan SEO (Search Engine Optimization).
  2. Merancang konsep pemecahan masalah dan brainstorming untuk menemukan cara mengaitkan kebutuhan masyarakat dengan visi dan misi perusahaan.
  3. Menganalisa trend yang sedang berlangsung di masyarakat dan juga media-media yang populer sebagai landasan untuk membuat campaign.
  4. Menetapkan Key Performance Indicator dan melakukan pengawasan terhadap campaign yang sedang berjalan.
  5. Membantu tim produksi konten dan optimasi website untuk mencapai KPI yang telah mereka tetapkan dan membuat strategi untuk menaikkan traffic dan engagement.
  6. Merekap hasil traffic, engagement, dan exposure terhadap audiens dan melakukan laporan rutin pada perusahaan.
  7. Melakukan evaluasi berkala dalam aktivitas pemasaran digital dan membuat strategi untuk mencapai target yang lebih tinggi lagi.
Gajinya berapa, ya?

Dengan tanggung jawab dan tugas yang begitu padat, biasanya upah para Digital Strategist merupakan salah satu dari yang paling menjanjikan. Basically, upah para pekerja di berbagai industri tergantung dari kebijakan perusahaan dan juga strandar UMR di daerah masing-masing. Jika kinerja dan performa kalian sebagai Digital Strategist terbilang stabil, maka gaji yang mungkin perlu diberikan untuk posisi tersebut adalah Rp2.500.000 - Rp10.000.000. Dan jika kalian bekerja di kota besar seperti Jakarta, besar kemungkinannya jika kalian mendapat gaji yang nominalnya lebih besar lagi. Tetapi, kalian juga harus mewaspadai perusahaan-perusahaan nakal yang mempekerjakan karyawan mereka secara berlebihan dengan gaji yang tidak seberapa.Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami