Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #tips&trik #wabsite #marketplace

Direct Marketing di Era Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina


Direct Marketing di Era Digital Marketing – Berkomunikasi secara langsung dengan konsumen merupakan hal yang harus kamu lakukan sebagai seorang digital marketer. Banyak berkomunikasi langsung dengan konsumen dapat membantu kamu meningkatkan penjualan secara efektif. Strategi yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya adalah dengan pemasaran langsung. Apa itu pemasaran langsung atau DM? Bagaimana pemasaran langsung di era digital? Yuk, fokus dulu dan simak artikel berikut ini!

Pengertian Direct Marketing

Investopedia mengatakan bahwa direct marketing atau pemasaran langsung merupakan teknik pemasaran di mana pebisnis secara langsung berkomunikasi dengan calon konsumen atau konsumennya. Komunikasi ini perusahaan atau pebisnis lakukan untuk mengenalkan brand mereka tetapi tidak melalui bantuan pihak ketiga, baik media maupun iklan. Walaupun saat ini digital marketer sudah banyak menggunakan iklan dalam upaya meningkatkan brand awareness, Investopedia berpendapat lain bahwa pemasaran langsung lebih efektif dalam hal tersebut.

Baca juga Profesi Digital Marketer? Ngapain Aja?

Direct Marketing di Era Digital untuk Bisnis Kamu

Pemasaran langsung sudah ada sejak dahulu, sebelum teknik pemasaran digital atau digital marketing banyak marketer lakukan seperti sekarang. Di era digital marketing ini kamu tetap bisa menggunakan strategi pemasaran langsung yang berbasis online serta digital seperti berikut ini.

1.     E-mail Marketing

E-mail marketing cocok buat kamu yang ingin menjalin hubungan secara personal dengan konsumen. Kamu dapat memberi informasi promo, update, dan hal lainnya tentang produk atau jasa milikmu kepada konsumen dengan mengemasnya dalam bentuk newsletter melalui e-mail. Bahkan melalui e-mail marketing, kamu bisa mengucapkan selamat ulang tahun untuk loyal customer agar mereka merasa lebih berharga atau special.

2.     Social Media Marketing

Maraknya pengunaan media sosial saat ini, membuat platform yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Kamu dapat berkomunikasi langsung dengan followers yang merupakan calon konsumen atau pelanggan setiamu melalui berbagai konten media sosial. Followers dapat memberikan respon langsung berupa likes dan comments terkait konten marketing kamu di kolom komentar. Selain itu, mereka juga dapat membagikan berbagai kontenmu kepada orang lain menggunakan fitur share.

3.     Internet Marketing

Learning Hub mengemukakan bahwa pemasaran langsung yang satu ini memanfaatkan web dalam hal meningkatkan penjualan. Internet marketing bekerja dengan cara meraih traffic sebanyak mungkin dalam hal mempromosikan produk atau jasa kamu melalui internet. Praktik internet marketing yang saat ini sangat terkenal adalah search engine optimization (SEO).

Setelah membaca artikel di atas, teknik pemasaran langsung mana yang akan kamu pilih? Atau masih bingung pemasaran langsung (DM) mana yang cocok dengan bisnismu? Jangan khawatir, kamu dapat berkonsultasi dengan digital marketer professional di Campus Digital. Cek informasi selengkapnya di sini yuk!

Hubungi Kami