Aura Nisrina Hesanty

Kontributor

2 tahun yang lalu


#akuntansionline # bisnis # finance # rekomendasi

Drama Korea Yang Akan Membangkitkan Semangat Bisnis Anda

2 tahun yang lalu - By Aura Nisrina Hesanty

Drama Korea yang dikenal juga dengan sebutan Drakor atau K-Drama tidak hanya ditujukan untuk menghibur penonton saja. Seringkali drama-drama ini mengusung tema tak biasa yang dibumbui dengan pesan moral yang dapat kita terapkan dalam kehidupan. Memang ada drakor yang bahas tentang keuangan? Tentu ada dong! Nih, kami siapkan beberapa judul Drama Korea tentang finansial yang wajib Anda tonton.

Rekomendasi Drama Korea tentang Finansial

1. Itaewon Class (2020)

Perjuangan mantan narapidana (Park Saeroyi) yang belajar melakukan perencanaan keuangan dengan baik untuk mendirikan sebuah restoran dengan modal uang asuransi jiwa ayahnya. Dalam drama ini Anda juga dapat mengetahui bahwa tidak ada kata terlambat dalam berinvestasi. Park Saeroyi dapat menumbuhkan passive income-nya dari mendiversifikasikan asetnya dengan investasi.

2. Start-Up (2020)

Siapa sih yang tidak tahu drama yang sempat booming ini? Start-Up yang dibintangi oleh Nam Joo-Hyuk, Bae Suzy, dan Kim Seon-Ho ini berkisah tentang dua pengusaha yang ingin sukses dengan membangun perusahaannya sendiri. Terdapat banyak hal yang dapat dipetik, dari pentingnya financial planning, riset hal yang sedang trending, cermat dalam memilih rekan bisnis, hingga perlunya membangun networking.

3. Search: WWW (2019)

Search: WWW berkisah tentang kehidupan Bae Ta-Mi, seorang direktur perusahaan web terbesar yaitu Unicon. Unicon memiliki competitor yaitu Barro, situs web yang selalu meraih posisi kedua setelah Unicon. Suatu ketika, Bae Ta-Mi justru dipecat dari Unicon akibat ulah atasannya. Namun, dia berhasil mendapat tawaran bekerja di Barro dan diminta untuk menjadikan Barro sebagai situs web no. 1. Drama ini mengenalkan penonton terhadap dunia kerja, pentingnya team work, berhati-hati dalam mengambil keputusan, hingga mengenal isu dan tren di lingkungan sosial adalah kunci penting untuk meningkatkan peringkat sebuah brand.

4. Money Game (2020)

Drama Korea yang tayang pada Januari hingga Maret tahun 2020 ini bercerita tentang sebuah bank milik pemerintah Korea Selatan yang sedang di ambang titik kebangkrutan. Tim Komisi Pelayanan Keuangan pun berjuang untuk mencegah terulangnya krisis ekonomi pada tahun 1997. Kebangkrutan ini juga menyebabkan pihak Komisi Jasa Keuangan harus menjual Bank Jungin kepada Bahama, dana ekuitas di Wall Street di samping fakta bahwa terdapat saham milik pemerintah sebesar 1/3 dalam bank tersebut.. Tim Komisi Pelayanan Keuangan ini juga harus berhadapan dengan pejabat-pejabat yang melakukan korupsi.

5. Chief Kim/Good Manager (2017)

Drama yang mengusung genre comedy ini mengisahkan Kim Sung-Ryong yang bekerja sebagai akuntan yang menyusun laporan keuangaan gangster dan rentenis agar laporan mereka tidak mencurigakan. Kim Sung-Ryong mendambakan untuk pindah ke Denmark di mana negara itu terkenal aman dari tindak kejahatan. Untuk mewujudkan mimpinya, dia membutuhkan biaya sekitar 700ribu dollar. Kim Sung-Ryong pun mencoba peruntungan untuk mendaftar di TQ Group yang sedang membutuhkan seorang kepala bagian di tim operasi bisnis. Setelah diterima dan bekerja di perusahaan tersebut, ternyata TQ Group tidak semegah yang dia bayangkan. Ternyata TQ Group memiliki banyak masalah di laporan keuangannya karena tingginya tingkat korupsi di dalamnya.

Belajar mengatur keuangan dan bisnis tidak hanya harus bersumber dari teori dan buku. Anda dapat melakukannya dengan cara alternatif yang lebih menarik yaitu dengan menonton Drama Korea. Selamat menonton dan jika Anda ingin mengetahui tips-tips tentang keuangan yang lain, Anda dapat berkunjung ke akun Instagram @akuntansionline.official dan situs akuntansionline.net.

Anda juga dapat berkunjung ke website Campusdigital

Hubungi Kami