krisna suzana

Kontributor

2 tahun yang lalu


#edukasitiktok

Edukasi di TikTok, Yuk!

2 tahun yang lalu - By krisna suzana

TikTok merupakan salah satu aplikasi terkenal yang berasal dari China yang mana aplikasi video music singkat dengan durasi pendek (15 detik sampai 3 menit). Di masa pandemic ini, tentunya TikTok menjadi salah satu pilihan aplikasi untuk mengisi kekosongan waktu. Banyak sekali jenis konten di TikTok, seperti konten hiburan, fashion, dan yang tidak kalah menarik yaitu konten edukasi. Ternyata, TikTok telah menjalin kerja sama dengan IGI (Ikatan Guru Indonesia) dan JSDI (Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) sehingga dapat berkolaborasi mengenai konten edukasi. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan TikTok secara penuh dalam kegiatan belajar mengajar dalam pelatihan dengan partisipasi guru lebih dari 2000 guru yang tersebar di Indonesia.

Membuat konten edukasi TikTok yang sangat bermanfaat

Nah, bagi para guru ataupun kamu yang minat dalam bidang edukasi bisa nih untuk memanfaatkan TikTok sebagai wadah Pendidikan, berikut ini ada beberapa tips dan cara membuat konten edukasi yang menarik untuk kamu unggah ke TikTok.

Tips dan Cara Membuat Konten Edukasi di TikTok:

  • Belajar matematika di TikTok

Mungkin matematika adalah salah satu pelajaran yang kurang peminatnya. Maka, dengan kamu membuat konten TikTok mengenai belajar matematika dan menjelaskan bahwa belajar matematika itu menyenangkan bisa kamu tuangkan dalam konten TikTok. Tidak lupa juga, membuat konten yang menarik ya seperti menambahkan music, efek, filter, teks, menambahkan hashtag dan yang lainnya sehingga menjadi daya Tarik bagi audiens. Mengapa kamu harus kreatif? Karena persaingan konten di TikTok itu tidaklah sedikit. Penjelasan tentang matematika ini bisa kamu jelaskan seperti soal-soal matematika ketika daftar masuk kampus, psikotest, CPNS, dan sebagainya

  • Belajar Bahasa inggris di TikTok

Tentu saja Bahasa inggris sangat penting, maka ini menjadi peluang buat kamu dalam membuat konten mengenai edukasi Bahasa inggris dengan gaya kamu sendiri. Misalkan kamu membuat konten tentang tips and trick menjawab soal pertanyaan TOEFL, menjawab pertanyaan IELTS, dan masih banyak lagi. Tidak usah khawatir sepi penonton, asalkan kamu membuat konten dengan sungguh-sungguh serta kreatif.

  • Sosialisasi Bahaya Narkoba

Masalah narkoba memang setiap tahun pasti sering terjadi baik itu kalangan anak muda, selebriti, dan lainnya. Kamu bisa menjelaskan bahwa narkoba itu berbahaya dan harus kamu jauhi. Tentunya dengan gaya kamu sendiri atau bisa kamu gunakan challenge untuk menjauhi narkoba. Tidak perlu panjang-panjang yang penting berkualitas.

Itulah beberapa konten edukasi yang bermanfaat dan bisa kamu coba tuangkan dalam konten TikTok. Tentu saja kalua konten kamu ingin viral dan banyak peminatnya, kamu harus tahu dulu bagaimana cara main di TikTok serta kreatif dalam membuat konten. Perhatikan terlebih dahulu kualitas sebelum kuantitas. Selamat mencoba!

Untuk informasi lain kunjungi Campus Digital.


Hubungi Kami