Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#digitalmarketing

Endorse Produk Sebuah Tren Di Masa Digital

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Endorse Produk Sebuah Tren Di Masa Digital

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, kegiatan endorsement bukanlah hal yang sulit bagi kita. Kegiatan ini biasanya mereka lakukan oleh hampir semua akun artis atau selebriti di media sosial. Mereka melakukan kegiatan promosi untuk berbagai produk dan layanan. Namun, apa itu endorse? Kegiatan endorsement ini dapat mereka lakukan secara publik dengan headline yang berisi kalimat-kalimat persuasif. 

Namun, banyak juga perusahaan atau brand yang mewajibkan artis untuk melakukan aktivitas natural endorsement, atau biasa kita kenal dengan soft sales. Mereka menggunakan kekuatan entertainer atau selebritas untuk melakukan kegiatan promosi. Jadi, apa itu endorsement dan bagaimana penerapannya?

Pengertian Endorse

Pada dasarnya endorse itu sendiri diserap dari bahasa Inggris, artinya mendukung, menyetujui atau menyetujui segala sesuatu. Dalam implementasi yang sebenarnya. Kegiatan endorsement ini merupakan bagian dari promosi periklanan yang menggunakan pihak lain untuk mendukung dan memasarkan produk atau jasa, termasuk menjadi bagian dari digital marketing. Dengan berkembangnya teknologi media sosial di era digital saat ini, kegiatan ini semakin banyak dilakukan. Kenyataannya, saat ini banyak penjual yang memilih kegiatan endorsement sebagai bentuk kegiatan promosi agar produk atau jasanya mendapat perhatian pasar. Lebih penting lagi, kegiatan ini tidak membutuhkan banyak waktu, biaya dan peraturan lainnya, tetapi hasilnya akan sangat mempengaruhi kegiatan penjualan.

Dibandingkan dengan berbagai kegiatan promosi lainnya, apalagi dibandingkan dengan kegiatan tradisional biasa seperti memasang leaflet atau membagikan leaflet, efektivitas kegiatan endorsement ini juga dinilai lebih baik. Oleh karena itu, berdasarkan pendekatan ini, biasanya ada beberapa jenis endorsement yang dilakukan oleh artis dan selebriti, yaitu endorsement yang tidak ada hubungannya dengan merek atau produk tertentu, dan mereka menjadi brand ambassador. Keduanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara umum, kegiatan endorsement ini hampir mirip dengan penyebaran leaflet iklan atau melalui leaflet. Bedanya, platform yang mereka gunakan untuk endorsement ini adalah media sosial. Hal ini mereka lakukan karena pengguna media sosial di Indonesia tergolong tinggi, oleh karena itu endorsement memiliki efektivitas tersendiri, karena semakin banyak yang melihatnya semakin baik.

Baca juga Mengetahui Pentingnya Logo pada Produk Jualan

Kelebihan

1. Promosi efektif 

 Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, setiap artis terkenal atau akun pribadi biasanya memiliki followers yang mengikuti aktivitasnya. Selain itu, mereka kerap mengunggah berbagai barang pribadi ke media sosial untuk konsumsi publik. 

2. Hemat biaya pemasaran 

Selain efektif, kampanye pemasaran yang menggunakan endorsement umumnya lebih hemat. Artinya dibandingkan dengan menggunakan media lain (seperti televisi atau radio), uang yang dikeluarkan akan lebih hemat dan berdampak besar.

3. Meningkatkan penjualan dan jumlah penggemar 

Kebanyakan artis pasti memiliki banyak penggemar yang mengikuti gaya dan menggunakan produk apapun yang mereka gunakan. Saat Anda akan mempublikasikan sebuah produk kecantikan, hampir dapat kita pastikan banyak followers artis tersebut yang ingin menggunakan produk yang artis gunakan tersebut. Hal itulah yang akan membuat produk Anda laris manis.

Itulah ulasan singkat mengenai salah satu teknik pemasaran yaitu endorse. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai hal tersebut. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini.Campusdigital

Hubungi Kami