Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#digital marketing

Facebook Ads : Cara Mudah Beriklan Bagi Pemula

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Facebook Ads : Cara Mudah Beriklan Bagi Pemula

Facebook merupakan media sosial yang populer di era sekarang ini dengan memiliki jumlah pengguna lebih dari 2 miliar tentunya Facebook bisa di katakan sebagai media alternatif untuk mengiklankan sebuah produk atau layanan. Lalu bagaimana cara beriklan di Facebook dan berapa biaya yang harus di keluarkan? berikut penjelasan mengenai cara cara beriklan melalui Facebook Ads untuk pemula!

Facebook Ads : 5 Tips Jitu Meningkatkan Pencarian Organik Facebook Ads |

Buat Halaman Bisnis

Jika kamu belum mempunyai halaman bisnis kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Namun jika kamu sudah memiliki halaman Facebook bisnis kamu bisa langsung menuju Facebook Ads Manager atau business manager untuk mengatur iklan miliku. Tahap selanjutnya akan menggunakan cara untuk membuat iklan di Facebook menggunakan ads Manager

Pilih Jenis Iklan Facebook Yang Ingin Di Gunakan

Nah, bagi kamu yang masih bingung dan belum mengetahui apa saja jenis iklan yang di tawarkan oleh Facebook. Berikut adalah beberapa jenis dari iklan yang di tawarkan oleh Facebook yang memiliki peran dan fungsinya yang berbeda-beda. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan iklan dalam bisnismu

  • Page Post Engagement : Fungsi utama dari jenis iklan ini adalah untuk menaikkan reputasi atau engagement postingan terkait produk bisnis konten yang di gunakan juga bisa berupa video, teks, link website, maupun penawaran yang telah di buat sebelumnya
  • Page Likes : Sesuai dengan namanya iklan ini bisa di tujukan untuk memaksimalkan jumlah like fanspage bisnis milikmu. Dengan banyaknya pengguna Facebook yang menyukai produk atau akun bisnis maka semakin banyak pula orang yang akan percaya dan suka dengan bisnis milikmu. Hal ini juga bisa meminimalisir keraguan dan menambah kepercayaan calon pembeli tentang produk yang kamu tawarkan. Jumlah like yang banyak akan membantu fanspage yang kamu kelola agar bisa muncul di news feed tanpa harus membayarkan uang kepada Facebook.
  • Click to Website : Mekanisme dari click to website ini hampir serupa dengan page post engagement. Namun lebih fokus untuk mengarahkan target audiens untuk mengklik sebuah website ada tombol call to action yang akan mengajak audiens agar membuka halaman website yang telah di maksudkan nya. Semakin bagus konten serta gambar maka peluang audiens yang akan mengklik website itu semakin besar

Mengatur Akun Iklan Pada Facebook Ads

Untuk pemula kamu bisa mengklik tombol set up at account. Setelah itu kamu akan di minta untuk mengisi rincian data diri untuk membuat akun iklan masukkan negara dan pilih mata uang serta zona waktu. Lalu klik continue.


 2 hari yang lalu

campusdigitaldigitalmarketerdigitalmarketingkonsepdigitalmarketingkursusdigitalmartketingkursusonlinesejarahdigitalmarketing

Konsep dan Sejarah Digital Marketing

Banyak sekali orang di luar sana menggunakan istilah digital marketing tanpa mengetahui bagaimana konsep dan sejarah dari digital marketing itu sendiri. Secara mendasar yang orang ketahui mengenai digital marketing adalah pemasaran menggunakan media sosial atau internet. Sebelum menggunakan istilah digital marketing, ada baiknya kita mengerti bagaimana sih konsep dari istilah tersebut. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas apa sih digital marketing itu, bagaimana konsepnya serta sedikit sejarah munculnya era digital marketing di kehidupan kita sekarang. So, simak artikel ini baik-baik ya!

Apa sih Konsep Digital Marketing?

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yaitu mempromosikan suatu produk atau brand dengan bantuan media digital yang berbasis internet. Dalam menarik konsumen, digital marketer atau perusahaan yang memiliki suatu produk berlomba-lomba membuat konten semenarik mungkin untuk menampilkan produk mereka dalam kegiatan pemasaran berbasis digital.

Baca juga Tools Digital Marketing yang Wajib Kamu Miliki

Pilih Sesuai Target Market Bisnis

Setelah itu kalian akan menamai Kampanye iklan Facebook dan memilih teks mana yang ingin di promosikan. Kamu bisa mulai dengan memilih lokasi target, gender, usia, serta lokasi saat memilih objek target. Kamu perlu memperhatikan indikator ukuran audience yang ada di sisi kanan layar. Tujuannya agar bisa mendapatkan bayangan seperti apa potensi dan jangkauan iklan nantinya.

Setelah itu kamu bisa melakukan setting yang lebih mendetail lagi. Kamu akan melihat dua kolom yang dapat membantu memilih audiens secara spesifik sesuai dengan keinginan. Di kolom detail targeting kamu bisa memasukkan atau mengecualikan orang berdasarkan demografi minat perilaku. Di kolom connection kamu bisa menampilkan orang yang memiliki hubungan dengan halaman Facebook bisnis aplikasi event yang di kelola

Pilih Lokasi Penempatan Iklan Facebook

Setelah kamu memilih audience, scroll lagi ke bawah untuk memilih di mana kamu akan menampilkan iklan tersebut. Jika kamu masih pemula, ada baiknya kamu memilih opsi automatic placement. Opsi Facebook ini secara otomatis akan menempatkan iklan kamu di Facebook, Instagram, Messenger dan audience Network. Di mana iklan tersebut di tampilkan dengan optimal.

Atur budget dan jadwal

Kamu harus mengatur ingin membayar berapa banyak untuk iklan yang akan kamu buat tersebut. Facebook tidak akan mematok harga tertentu dan kamu bisa membayar tergantung kemampuan dan budget yang kamu miliki. Kamu bisa memilih budget harian atau seumur hidup. Kamu juga bisa mengatur jadwal kapan iklan kamu akan di tayangkan dan jadwal berakhirnya.

Jika sudah selesai dengan pengaturan dan indikator audience kamu bisa mengklik tombol continue buat iklan. Ini adalah tahap terakhir di cara membuat iklan di Facebook. Pertama pilih format iklan lalu masukkan teks dan komponen media untuk iklan milikmu. Pilih format yang tersedia akan bergantung pada tujuan pemasaran yang telah kamu pilih sebelumnya tadi. Gunakan preview yang ada pada bagian bawah untuk memastikan iklan terlihat bagus dan menarik di semua platform penempatan yang di pilih.

Jika sudah Klik tombol confirm untuk mengirimkan order. Tunggu hingga mendapatkan email dari Facebook yang menyatakan bahwa iklan kamu sudah di terima dan siap di tayangkan.

Jika anda tertarik dengan website bisa kunjungi Campusdigital

Hubungi Kami