Hanifi Puspasari

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Fitur-Fitur LMS (Learning Management System)

2 tahun yang lalu - By Hanifi Puspasari

Sebelum mengetahui fitur-fitur LMS (Learning Management System), Kamu harus memahami apa itu LMS. Secara sederhana, LMS adalah suatu sistem perangkat lunak yang dapat membuat, mengatur, dan mendistribusikan materi pembelajaran dalam konten yang menarik.

Fitur-fitur LMS

Sehingga dengan adanya LMS, para siswa dapat mengakses materi belajar dalam bentuk digital (e-book, animasi, suara, dan video)

Fitur-Fitur LMS yang Mendukung Pembelajaran

1. User Interface

Semakin mudah pengaksesan user interface pada LMS, maka akan akan lebih baik juga kualitas yang ada pada LMS. User Interface (fitur antarmuka) juga dapat memberi kesan menarik pada laman LMS dan meningkatkan kepuasan pengguna.

2. Pendaftaran Online

Fitur ini adalah fitur yang wajib ada pada LMS. Nantinya, para guru dan siswa mendaftar LMS melalui fitur ini. Setelah mendaftar, siswa bisa mengakses silabus dan materi yang ada di LMS.

3. Kelas Online

Karena LMS merupakan media pembeljaran digital, maka tentu saja LMS memiliki fitur kelas online. Di mana siswa dan pengajar dapat melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa adanya kontak fisik. Kelas ini juga memungkinkan siswa untuk mengakses materi dalam bentuk video interaktif, animasi, atau dalam bentuk rekaman suara yang diberikan oleh pengajar di LMS. Sehingga, pemahaman siswa akan bertambah karena adanya fitur ini

4. Kuis dan Ujian Online

Fitur ini sangat memudahkan para guru saat mengadakan ujian. Memudahkan pembuatan soal, pendistribusian, serta sistem penilaian yang otomatis. Jadi, baik guru ataupun siswa dapat segera menyelesaikan ujian secara mudah dan lebih efektif

5. Forum Diskusi

Diskusi adalah salah satu kegiatan yang harus ada dalam pembelajaran. Siswa dapat bertukar pemikiran dan melatih kepercayaan diri dalam forum diskusi. Selain itu, agar komunikasi dua arah dapat tercipta. Meskipun belajar dengan LMS, siswa tetap dapat melakukan kegiatan diskusi secara efisien dan interaktif.

6. Laporan

Di dalam LMS terdapat fitur yang memungkinkan guru melakukan monitoring kemajuan siswa dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. Setiap kemajuan dan nilai yang ada akan tercatat secara otomatis. Jadi, para guru tidak perlu khawatir jika melewatkan sesuatu

Itulah fitur-fitur LMS (Learning Management System) yang para pengguna dapatkan. Dengan adanya LMS, semoga kegiatan pembelajaran kita dapat lebih mudah dengan adanya LMS ini.

 Kamu juga bisa mengikuti pelatihan digital marketing Campus Digital

Hubungi Kami