Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #wabsite # marketplace

Gimana Cara Membuat SEO Di Blogspot?

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Jika kalian adalah pemula yang sedang atau sudah belajar tentang cara penggunaan blogspot, tidak lengkap rasanya bila kalian tidak belajar cara membuat SEO. Mengapa? Sebab SEO ini akan membantu kalian untuk mendapatkan pengungjung ke blog.

Apabila kita menggunakan website WordPress, pastinya kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan tentang hal ini. Sebab, WordPress sudah menyediakan fasilitas SEO, jadi kita hanya perlu mengikuti hasil analisis dari plugin Yoast SEO yang sudah tersedia.

Masalahnya, bagaimanakah caranya membuat SEO di blogspot?

Cara SEO Menggunakan Blogspot

Tenang, bagi kalian yang menggunakan blogspot, kalian tetap bisa membuat blog yang ramah SEO. Simak tips berikut ini.

1. Menentukan Tema Atau Topik Blog

Sebelum membuat blog, lebih baik tentukan terlebih dahulu topik utama yang akan kita angkat, karena hal ini nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Topik ini juga harus sesuai dengan website kita secara keseluruhan.

2. Riset kata kunci / keyword

Sebagai langkah awal, kalian bisa mulai dari kata kunci yang potensinya kecil. Apabila dengan keyword yang ringa tersebut postingan kita sudah bisa muncul di hasil, barulah kita bisa meningkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya tinggi.

3. Posting Konten yang Relevan

Buatlah konten yang berkualitas, unik, dan tetap bermanfaat. Ingat, jangan membuat konten yang jauh dari topik utama blog. Dengan begini, kalian bisa membuat link antar halaman. Jadi tiap halaman bisa saling mendukung, sehingga akan lebih banyak pula pengunjung yang membaca. Mesin pencari pun akan menganggap blog kita.

4. Persiapkan SEO On Page

SEO On Page berarti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Description, dan seterusnya, sesuai hasil analisa keyword.

Baca Juga: Memahami SEO dan SEM Dalam Dunia Marketing

5. Indexing

Indexing ialah proses ketika mesin pencari melakukan pengindeksan atau pengarsipan terhadap informasi yang ada di situs tersebut. Sambil menunggu mesin pencari mengindeks kontenmu, kamu bisa menyebarkan konten kalian ke sosial media supaya postingan tersebut lebih cepat terindeks oleh Google.

6. Lakukan SEO Off Page

Pada langkah ini, kalian bisa menggunakan pola backlink commenting, backlink wheel/ piramida, submit ke social bookmark, dan seterusnya.

Setelah membaca artikel di atas, kini saatnya kalian untuk mulai mempraktekkan sendiri. Cobalah mulai dengan membuat postingan yang relevan dan seringlah meriset keyword. Intinya adalah kalian harus sering berlatih.

Kalau kalian benar-benar serius ingin mengasah skill SEO untuk membangun website, coba ikuti program di Campus Digital, yuk!

 

Hubungi Kami