Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #instagram

Hindari Penyebab Jualan Tidak Laku di Instagram

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Pada zaman sekarang ini, banyak orang menggunakan aplikasi instagram bukan hanya untuk berbagi foto dan video. Kini tidak sedikit orang yang juga memanfaatkan instagram untuk berjualan. Fitur-fiturnya yang lengkap dan menarik, tak ayal membuat orang berlomba-lomba untuk memasarkan produk jualannya di aplikasi ini.

Namun, berjualan di instagram tidak semudah yang dibayangkan. Persaingan ketat dengan pedagang lain, sering membuat dagangan tidak laku. Belum lagi bila tanpa sadar Anda melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat jualan Anda tidak dilirik calon pembeli.

Berikut merupakan penyebab jualan di instagram tidak laku yang wajib Anda hindari.

1. Membuat konten yang tidak sesuai konteks

Anda harus menghindari pembuatan konten yang tidak sesuai konteks. Jangan hanya asal mengambil foto atau video, tetapi usahakan agar konten tersebut juga berdampak terhadap pemasaran produk yang Anda tawarkan. Misalkan, bila Anda berjualan pakaian muslim wanita, maka buatlah konten yang memiliki keterkaitan dengan hal tersebut.

2. Membeli followers

Jumlah followers memang begitu penting ketika Anda berjualan atau berbisnis di instagram. Tetapi jangan sampai Anda membeli followers dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Mengapa demikian? Sebab followers yang Anda beli tersebut tidak tertarik dengan akun Anda dan akhirnya yang terjadi adalah minimnya interaksi antara Anda dengan followers tersebut.

Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian dan Keuntungan

3. Melupakan interaksi dengan followers

Untuk menghindari jualan di instagram tidak laku, Anda tidak boleh lupa untuk berinteraksi dengan followers. Anda tidak boleh sekadar memposting foto, tetapi Anda perlu bersosialisasi pula. Jawablah beragam komentar yang mereka berikan dengan ramah. Bila sudah, Anda juga dapat melakukan diskusi dengan mereka melalui fitur-fitur yang telah disediakan instagram.

4. Membicarakan tentang diri sendiri

Jika Anda berjualan di instagram, hindarilah membicarakan tentang diri Anda di akun jualan tersebut. Apa yang Anda bicarakan di sana harus terkait dengan produk yang Anda tawarkan. Sebisa mungkin postinglah hanya sehubungan dengan produk terbaru Anda, daftar harga produk Anda, atau ceritakan dampak yang dapat dirasakan calon pembeli bila membeli porduk Anda.

Nah, itulah penyebab jualan di instagram tidak laku yang wajib Anda hindari. Bila Anda ingin belajar lebih dalam terkait dunia bisnis khususnya digital marketing, yuk segera daftarkan diri Anda di Campus Digital.

Hubungi Kami