Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#influencer # influencermarketing

Influencer Marketing : Pengertian dan Keuntungan

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Di era digital, banyak orang harus beradaptasi, termasuk bisnis Anda. Jika bisnis Anda membidik konsumen dari media sosial, menggunakan layanan influencer marketing patut menjadi pertimbangkan. Oleh karena itu memahami pengertian serta memetakan keuntungan penggunaan influencer marketing menjadi hal yang harus kita pahami pada masa digitalisasi yang sedang terjadi saat ini.

Pengertian Influencer Marketing

Penggunaan jasa influencer marketing sudah menjadi fenomena yang wajar dalam dunia bisnis. Sebagai orang yang juga menggunakan media sosial, Anda pasti sering melihat selebriti mendapatkan brand endorsement, tidak hanya menghiasi layar TV, tetapi juga mendominasi media sosial. 

Secara umum, orang-orang berpengaruh memiliki ribuan hingga jutaan pengikut di media sosial. Dalam perkembangannya, pengguna media sosial dengan ribuan fans juga bisa kita kenal sebagai influencer jika memiliki pengaruh yang besar dan mendapatkan kepercayaan dari publik atau orang-orang yang mengikutinya. Seperti namanya, pengaruh adalah kekuatan influencer.

Manfaat

  • Memperluas Mangsa Pasar

Melalui endorsement dari orang-orang berpengaruh, secara otomatis akan memperluas pangsa pasar Anda. Itu karena mereka memiliki pengikut yang aktif dalam berinteraksi, seperti saling menyukai dan mengomentari konten di akun media sosial influencer. Aktivitas ini kemudian membuat informasi apa pun tentang produk Anda terlihat, dapat dibaca, dan dimengerti oleh pengikut influencer yang bekerja dengan Anda.

  • Membangun Branding Mulut Ke Mulut

Ketika seseorang memberikan informasi atau rekomendasi tentang produk, layanan, atau merek melalui akun pribadinya, ini disebut dari mulut ke mulut atau dari mulut ke mulut.

  • Menciptakan Kedekatan Intim

Anda perlu menjalin hubungan intim dengan konsumen. Caranya adalah Anda bisa bekerja sama dengan influencer yang sangat menyukai produk Anda. Umumnya, sebagian besar mikro-influencer cenderung menggunakan produk yang mereka minati terlebih dahulu, lalu merekomendasikannya kepada pengikut mereka

Itulah ulasan singkat mengenai influencer marketing. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai hal tersebut. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini.

Kunjungi juga website Campusdigital

Hubungi Kami