kevin Ramadhan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#freshgraduation #takberkategori

Ini Gaji Fresh Graduate di Indonesia

2 tahun yang lalu - By kevin Ramadhan

Ketika mahasiswa telah menyelesaikan masa kuliahnya, tentu langkah selanjutnya adalah bekerja. Sebelum terjun ke dunia kerja, fresh graduate pasti mencari informasi terkait gaji dari prospek pekerjaan berdasarkan jurusannya.

Hal ini fresh graduate lakukan untuk menjadi acuan dalam melamar pekerjaan nantinya. Ketika kamu sudah mengetahui rata - rata gaji pekerjaan yang kamu inginkan, akan meminimalisir kamu meminta gaji yang tidak sesuai kepada perusahaan.Gaji bagi sebuah pekerjaan juga dipengaruhi dengan Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku dalam daerah tersebut. UMR daerah kamu tinggal pun penting untuk kamu ketahui, lantaran setiap daerah memiliki UMR yang berbeda - beda pastinya.

Selain itu, hal yang mempengaruhi gaji fresh graduate adalah pengalaman yang kamu miliki, pengalaman yang banyak pastinya akan mempengaruhi skill kamu dalam bekerja. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kamu mendapat gaji diatas rata - rata yang telah kamu ketahui.

Baca juga 3 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Blogging 

Berikut merupakan rata - rata gaji bagi fresh graduate :

Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan dikenal memiliki gaji yang besar, dengan resiko dan tanggung jawab yang besar pula. Perusahaan perminyakan telah menaruh rata - rata gaji untuk fresh graduate sebagai staff.

Seperti pertamina dengan rata - rata gaji Rp 8 - 15 juta, perusahaan minyak lainnya yaitu Chevron memiliki rata - rata Rp 10 - 14 juta.

Teknik Geologi/Pertambangan

Tidak jauh berbeda dengan teknik perminyakan, teknik geologi pun memiliki rata - rata gaji yang cukup tinggi. Tidak heran jika banyak orang berlomba untuk menjadi staff dari perusahaan perminyakan dan pertambangan.

Freeport dan Exxon memiliki rata - rata gaji Rp 14 juta, sedangkan ANTAM dan Krakatau Steel memiliki rata - rata Rp 5 - 7 juta.

Teknik bidang manufaktur

Teknik yang bergerak pada bidang manufaktur juga memiliki gaji yang tinggi loh. Bidang manufaktur ini meliput jurusan teknik elektro, teknik industri dan lain lain.

PT Astra Daihatsu Motor, Unilever dan Nestle memiliki rata - rata gaji Rp 6 juta bagi fresh graduate. Sedangkan PT Sampoerna memiliki rata - rata gaji Rp 8 juta, dan PT Djarum Rp 6 Juta.

Information Technology (IT)

Profesi IT merupakan salah satu profesi yang memiliki gaji yang cukup besar. Banyak perusahaan menaruh rata - rata gaji yang tinggi bagi fresh graduate.

Astra Otoparts memiliki rata - rata gaji Rp 10 juta, sedangkan untuk start-up seperti Traveloka dan Bukalapak memiliki rata - rata gaji Rp 10 - 12 juta.

Ekonomi dan Manajemen

Menjadi salah satu jurusan favorit, ekonomi dan manajemen telah banyak mencetak lulusan dari berbagai Universitas. Jurusan ini juga memiliki rata - rata gaji yang tinggi loh.

Untuk perbankan seperti Mandiri,BRI,BNI dan BCA memiliki rata - rata gaji Rp 5 - 6 juta. Sedangkan gaji konsultan manajemen memiliki rata - rata Rp 5 - 7 juta, Lembaga Negara seperti Bank Indonesia Rp 9 - 11 juta, untuk BPK Rp 5 - 6 juta, Perpajakan dan Bea Cukai Rp 6 - 8 juta.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan favorit di Indonesia. Jurusan ini sering disebut dengan jurusan yang general dan dapat masuk kemana saja, tetapi beberapa perusahaan telah menaruh rata - rata gaji fresh graduate Ilmu Komunikasi loh.

Untuk Big Coorporate seperti Astra, Samsung dan lainnya memiliki rata - rata gaji Rp 4 - 7 juta dan belum termasuk tunjangan lainnya. Untuk start-up seperti Tokopedia, Shopee, Glints dan lainnya memiliki rata - rata gaji Rp 5 - 8 juta, dan Agency memiliki rata - rata gaji Rp 4 - 8 juta.

Kedokteran

Dokter yang bekerja di Rumah Sakit swasta dan pemerintahan memiliki gaji yang berbeda loh, perbedaannya terletak pada tarifnya. Gaji Dokter Umum dan Spesalis pun tentunya berbeda, karena resiko dari keduanya pun berbeda.

Untuk Dokter umum memiliki rata - rata gaji Rp 12 - 15 juta, dan Dokter spesialis memiliki rata - rata gaji Rp 20 - 40 juta. Namun semua tergantung pada Rumah Sakit Dokter itu bekerja.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami