Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Kontributor

2 tahun yang lalu


#digital marketing # influencer # instagram ads # promosi

Instagram Ads Vs Influencer: Mana yang Lebih Baik?

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Instagram Ads Vs Influencer: Mana yang Lebih Baik?

Jika kamu harus memilih antara Instagram Ads dan Influencer kira-kira mana yang akan kamu pilih?

Influencer saat ini telah menjadi salah satu pilihan dalam strategi meningkatkan promosi suatu brand. Lalu apa bedanya dengan Instagram Ads? Padahal keduanya memiliki peran yang sama yaitu sebagai sarana promosi. Kira-kira mana yang lebih baik dalam sarana promosi? Mari kita cari tahu perbedaannya!

Instagram Ads

Instagram Ads adalah salah satu fitur yang ada di platform instagram yang menawarkan fitur menarik yang akan membantu pebisnis dalam memasarkan produk atau layanan mereka. Berikut kelebihan dari Instagram Ads :

Meningkatkan Brand Awareness
  1. Dapat meningkatkan brand awareness yang mampu mendorong calon konsumen untuk mencari tahu lebih tentang produk atau jasa yang kamu jual. Dapat juga mempermudah kamu mencari calon konsumen baru atau membuat konsumen menjadi lebih loyal terhadap brand kamu.
Target Iklan Lebih Spesifik
  1. Instagram Ads akan memberikan informasi pengguna yang lebih spesifik karena dapat melakukan penargetan. Informasi yang didapatkan antara lain demografi, pekerjaan, gender, kebiasaan, ketertarikan, dan lain sebagainya.
Tersedia Berbagai Pilihan Format Iklan
  1. Instagram menyediakan tiga format iklan yaitu berupa gambar, video, dan beberapa gambar dalam satu postingan feeds. Dengan berbagai pilihan format tersebut, kamu dapat memilih format yang sesuai kebutuhanmu sehingga nantinya dapat membuat calon konsumen tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Meningkatkan Profit Penjualan
  1. Dapat memiliki peluang yang cukup besar untuk meningkatkan profit penjualan. Hal tersebut bisa terjadi karena pengguna instagram yang mayoritasnya adalah generasi milenial yang selalu mencari informasi apapun di media sosial terutama barang atau jasa. Jika kamu telah menargetkan calon konsumen yang tepat, maka kamu bisa meningkatkan profit karena telah menemukan orang yang tepat.
Menaikkan Traffic Website Bisnis
  1. Dengan adanya Instagram Ads, kamu dapat memasukkan link yang nantinya akan mengarahkan calon konsumen untuk mengunjungi website kamu secara langsung. Hal tersebut dapat menaikkan traffic website kamu.

Baca juga: Instagram Ads : Mengenal dan Memahami Instagram Ads

Influencer

Influencer merupakan seseorang yang bisa memberikan pengaruh besar di masyarakat. Dapat dijumpai di berbagai platform dan memiliki jutaan pengikut. Karena memiliki pengaruh besar maka dapat digunakan untuk sarana promosi. Berikut kelebihan dari Influencer:

Membuat Produk Menjadi Pusat Perhatian
  1. Dapat membuat produk kamu menjadi pusat perhatian dan banyak orang yang tahu. Kamu dapat menggandeng influencer yang sedang viral untuk membuat orang-orang tahu akan keberadaan produk kamu.
Menambah Kepercayaan Calon Konsumen
  1. Kepercayaan para pengikutnya akan mudah terbentuk. Maka dari itu sangatlah mudah membuat para pengikutnya untuk lebih percaya pada produk kamu.
Bisa Menjangkau Konsumen Lebih Luas
  1. Penyajian konten yang menarik mengenai produk kamu akan membuat calon konsumen melihat lebih lama dan tidak akan melewatkan produk kamu. Sehingga, peluang tersebut akan menjangkau lebih banyak konsumen lagi dikarenakan pengikut influencer selalu bertambah setiap harinya.
Lebih Cepat Balik Modal
  1. Jika memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan produk kamu maka kamu memiliki peluang untuk lebih cepat balik modal. Salah satu studi menyebutkan bahwa influencer memiliki return of investment (ROI) 11 kali lebih besar dari iklan banner.

Sudah tau kan perbedaannya? Bagaimana, apakah kamu sudah menentukan memilih yang mana untuk sarana promosi produk kamu?

Jika belum puas, tenang.. Karena kamu bisa gabung di Campus Digital untuk mempelajari berbagai hal tentang Digital Marketing. Yuk, tunggu apalagi klik disini!

Hubungi Kami