Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # #terupload #trik & tips #marketplace

Intip Tips dan Contoh Blog Bisnis Online

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Apakah kalian sedang merintis bisnis online dan bingung mencari contoh blog untuk mempromosikannya? Tenang, artikel ini akan mencontohkan beberapa tips untuk mengembangkan blog bisnis online. Mari kita simak penjelasannya.

Menentukan Jenis Bisnis Online

Sebelum membuat blog, langkah awal yang sangat penting adalah menentukan jenis dari bisnis online kalian. Berbeda jenis bisnisnya, berbeda pula rancangan blog yang harus kalian buat. Paling tidak terdapat 3 kategori bisnis.

  • satu kategori produk dan satu item
  • satu kategori produk dan banyak item
  • Banyak kategori produk dan banyak item

Mengapa kalian perlu mengetahui hal ini? Sebab merancang sebuah blog apalagi untk keperluan bisnis itu berhubungan dengan landing page.

Baca Juga: Membuat Landing Page untuk Website Bisnis

Landing page adalah halaman yang pertama kali tampil atau muncul pada saat pengungjung mengakses suatu blog atau website dari hasil pencarian berbayar. Jadi, landing page harus benar-benar merepresentasikan usaha atau brand yang kalian buat.

Menjadi Reseller

Jika kalian masih belum memiliki gambaran mengenai produk atau jasa yang ingin kalian buat sendiri, cobalah untuk menjadi reseller. Prinsip reseller adalah menjual kembali produk-produk milik brand orang lain. Mekanisme kerja dari reseller sendiri adalah pada saat ada orang membeli produk lewat blog, maka kalian akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Keuntungan dari menjadi reseller adalah seringkali kalian tidak perlu membuat konten promosi sendiri. Sebab, pihak seller biasanya sudah menyiapkannya. Jadi, kalian hanya tinggal mempromosikannya ulang di platform milik kalian sendiri.

Promosikan Blog Bisnis Online ke Banyak Platform

Selain terus mempromosikan bisnis melalui blog, kalian juga perlu mempromosikan blog tersebut ke platform lain. Ada banyak sekali media sosial yang bisa kalian manfaatkan untuk promosi bisnis. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga TikTok.

Jadilah penjual yang aktif. Jangan hanya sekadar memposting kemudian selesai. Cobalah juga untuk berinteraksi kepada calon konsumen kalian. Tapi jangan spam, ya. Bisa-bisa nanti kalian malah dianggap mengganggu dan calon pelanggan pergi.

Memasang Iklan

Selanjutnya, apabila kalian mempunyai budget yang lebih, cobalah untuk memasang iklan. Saat ini, layanan periklanan yang bayak para blogger pakai adalah Google Adsense.

Baca Juga: Google Ads untuk Promosi Bisnis

Kalian dapat mendaftarkan blog yang sudah memenuhi syarat untuk ikut serta menjadi penayang iklan. Menariknya, apabila blog sudah disetujui maka kedepannya kalian cukup perlu membuat konten yang unik dan menarik untuk bisa mendatangkan kunjungan. Mudah bukan ?

Optimasi SEO Pada Blog Bisnis Online

Tips yang paling penting dari membangun blog bisnis adalah melakukan optimasi SEO. Mengapa? Sebab, dengan optimasi SEO, website kalian jadi berpeluang untuk memperoleh peringkat atas di halaman mesin pencari. Kalau sudah masuk peringkat atas, artinya akan banyak pengguna internet yang melihat dan mengunjungi website kalian. Pelanggan pun bisa bertambah dan penjualan dapat meningkat.

 

Demikian beberapa contoh tips dalam membangun blog bisnis online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya.

Apabila kalian ingin belajar lebih jauh mengenai marketing atau dunia digital, ikuti program dari Campus Digital! Kalian bisa belajar dari para professional yang sudah pasti bisa membuat kalian lebih mahir.

Hubungi Kami