Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#pekerjaan #digitalmarketing

Jenis-Jenis Pekerjaan Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

[caption id="attachment_10121" align="alignnone" width="580"] Yuk intip jenis pekerjaan di dalam bidang Digital Marketing di sini![/caption]

Apa kalian tertarik untuk bekerja di bidang Digital Marketing? Jika kalian tertarik, kalian harus mencoba untuk mengenal bidang tersebut lebih dalam, termasuk bidang-bidang yang tergabung di dalamnya. Jenis-jenis bidang pekerjaan dalam Digital Marketing ada banyak jenisnya berdasarkan tugas mereka. Mari kita lihat jenis-jenis bidang Digital Marketing di sini!

Baca juga Pentingnya Belajar Instagram Marketing

Manajemen Platform

Di dalam bidang manajemen platform, pekerjaan para Digital Marketer yang utama ada di sini. Tanpa manajemen platform yang baik, tentunya kegiatan pemasaran digital tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Bidang manajemen platform memiliki beberapa cabang pekerjaan sesuai tugas masing-masing, yaitu:

1. social media manager

Orang yang bekerja sebagai Social Media Manager memiliki tanggung jawab untuk mengatur jadwal unggahan konten di Media Sosial. Mereka juga bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan audiens melalui DM ataupun kolom komentar. Selain itu, mereka juga memantau traffic dan engagement media sosial yang mereka gunakan.

2. Website Developer

Website Developer bertugas untuk membuat situs web untuk perusahaan yang menarik untuk audiens. Mereka juga memiliki kewajiban untuk melakukan perawatan web secara berkala untuk menghindari kerusakan agar nyaman aksesnya bagi semua pihak.

3. SEO / SEM Specialist

SEO/SEM specialist bertujuan untuk memaksimalkan traffic web dan media sosial agar menjadi nomor 1 di mesin pencarian. Seorang SEO/SEM specialist harus memahami betul algortima dari mesin pencarian agar dapat meraih jumlah audiens yang maksimal.

Konten

Mereka yang bekerja di bidang konten memiliki tugas utama untuk memproduksi konten yang menarik bersama untuk menarik perhatian audiens. Orang-orang di dalam bidang konten memiliki pembagian tugas sebagai berikut:

1. Content Designer

Sesuai dengan namanya, para Content Designer bertanggung jawab untuk membuat desain yang menarik untuk konten di berbagai platform. Di sini, mereka bertanggungjawab atas eksekusi visual dari brief konten yang telah mereka terima sebelumnya dan menarik perhatian audiens. Baik dalam bentuk animasi, videografi, foto, ataupun gambar digital, mereka yang akan bertanggungjawab.

2. writer

Untuk kalian yang memiliki bakat dalam bidang kepenulisan, kalian merupakan orang yang cocok untuk bekerja menjadi Content Writer. Tugas utama Content Writer adalah membuat konten-konten tertulis yang biasanya akan muncul di blog atau media sosial. Selain Content Writer, ada juga pekerjaan Copywriter untuk menulis caption-caption di media sosial dan juga frasa-frasa singkat untuk menarik perhatian audiens.

3. Content researcher

Tugas utama dari Content Researcher adalah melakukan riset-riset untuk mengembangkan konten di dalam platform. Dalam melakukan riset mereka, mereka harus sangat update akan tren-tren yang ada di tengah ranah digital untuk meningkatkan popularitas. Mereka juga harus melakukan riset di dalam engagement media sosial untuk menentukan apa yang harus mereka posting di platform mereka.

Masih ada banyak pekerjaan-pekerjaan di dalam bidang Digital Marketing yang belum ada di dalam list ini. Karena, semakin berkembangnya teknologi digital maka akan semakin banyak lagi jenis pekerjaan di bidang Digital Marketing. Semoga bermanfaat

Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website kami di Campusdigital 

Hubungi Kami