Jualan di Facebook atau Instagram yang Lebih Sukses?
3 tahun yang lalu - By Rizky Dwi
Jualan di facebook atau instagram, lebih baik yang mana ya?
Pasti pertanyaan ini sering muncul di benak orang yang hendak memulai bisnis via media sosial. Ya, saat ini media sosial memang menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berjualan sebab target marketnya yang luar biasa luas dan menjanjikan keuntungan.
Namun, kepopuleran dua media sosial yaitu facebook dan instagram, membuat beberapa orang galau terkait media sosial mana yang lebih ampuh untuk mendatangkan kesusksesan saat berjualan online. Bila Anda adalah salah satu dari orang yang mengalami kegalauan itu, tak perlu khawatir. Ingat, setiap media sosial memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi, yang berhak menentukan mana media sosial yang baik untuk berjualan adalah diri Anda sendiri.
Nah, di sini kami akan memberi informasi tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua media sosial tersebut, sehingga nantinya Anda dapat memperkirakan media sosial mana yang lebih cocok untuk Anda gunakan dalam berjualan.
Jualan di Facebook
Meski kepopulerannya di antara kaum muda kini sedikit menurun, facebook masih cukup ampuh untuk digunakan sebagai platform berjualan online. Terlebih bila Anda sudah memiliki target market tertentu sebagai sasaran produk yang Anda jual. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan jualan di facebook.
Kelebihan Jualan di Facebook
- Fitur yang disediakan cukup banyak dan mudah untuk orang gunakan.
- Dapat digunakan untuk membagikan apapun, baik itu foto, video, maupun tautan. Bahkan penggunanya juga dapat membagikan lokasi, musik, hingga buku bacaan dengan emoticon yang beragam.
- Efektif untuk mempromosikan produk sebab memiliki pengguna yang cukup banyak.
- Terdapat fitur album yang dapat Anda gunakan untuk mengelompokkan jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Dapat menampilkan teman-teman yang sedang online pada suatu waktu.
Kekurangan Jualan di Facebook
- Fitur yang terlalu banyak membuat beberapa orang kurang fokus dan bingung.
- Masih terdapat banyak pengguna yang belum terbiasa melakukan belanja online.
- Merupakan media sosial yang sangat sensitif sehingga akun Anda rawan terkena blokir.
- Banyak orang dan pelaku bisnis online di media sosial ini yang memakai cara spam dalam berjualan.
- Banyak akun media sosial ini yang dibuat hanya untuk spamming dan bukan akun aktif.
Baca juga: Media Sosial sebagai Saluran Pemasaran Digital
Jualan di Instagram
Saat ini banyak orang dari berbagai kalangan menyukai media sosial instagram. Fitur yang lengkap, penggunaannya yang mudah, dan tampilannya yang menarik, membuat banyak orang tergila-gila dengan media sosial ini. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan berjualan di instagram.
Kelebihan Jualan di Instagram
- Merupakan aplikasi berbagi foto atau gambar, sehingga setiap foto produk yang Anda unggah dapat menimbulkan ketertarikan pengguna instagram lain.
- Banyak pengguna instagram yang sudah paham dan terbiasa belanja online.
- Memiliki fitur hashtag yang dapat memudahkan akun Anda ditemukan oleh pengguna lainnya.
- Memiliki fitur layaknya gabungan antara facebook dan twitter, seperti fitur follow, suka, pesan, dan juga komentar.
- Dapat dihubungkan dengan aku media sosial lainnya, sehingga foto yang Anda unggah dapat Anda bagikan pula ke media sosial lain seperti facebook dan twitter.
Kekurangan Jualan di Instagram
- Foto profil tidak dapat diklik dan diperbesar. Sehingga bila Anda menampakan foto produk pada foto profil di media sosial ini, pengguna lain sulit untuk mengamatinya.
- Banyak orang yang melakukan spamming di kolom komentar.
- Toko online pada media sosial ini sudah menjamur, sehingga persaingan cukup ketat.
- Foto yang Anda unggah tidak dapat dikelompokkan.
- Banyak fitur menarik yang dapat membuat orang kurang fokus.
Itulah kelebihan dan kurangan masing-masing dari facebook dan instagram. Jadi, jualan di facebook atau instagram yang lebih mendatangkan kesuksesan? Jawabannya ada di tangan Anda. Silakan sesuaikan dengan target market, kebutuhan, serta kenyamanan Anda saat berjualan. Nah, bila Anda ingin belajar lebih dalam terkait digital marketing,
yuk bergabunglah bersama kami di Campus Digital.