Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #trik & tips

Jualan di Instagram atau Marketplace yang Lebih Baik?

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Jualan di instagram atau marketplace yang lebih baik? Bagi Anda yang hendak memulai bisnis online tentu pertanyaan ini sering terlintas di kepala Anda. Tak jarang pertanyaan ini membuat Anda ragu untuk segera terjun dalam dunia bisnis online.

Saat ini berjualan produk atau jasa secara online, baik melalui marketplace maupun instagram, sangat digemari oleh para pebisnis. Namun, manakah antara instagram dan marketplace yang paling bagus untuk berjualan online?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu terkait seluk beluk berjualan baik di instagram maupun marketplace. Dengan begitu, Anda dapat menentukan mana platform berjualan online yang lebih cocok untuk Anda.

Berikut merupakan seluk beluk berjualan baik di instagram maupun di marketplace.

Jualan di Instagram

Instagram adalah media sosial yang paling banyak orang gunakan untuk berjualan produk fashion dan makanan secara online. Meskipun sebetulnya media sosial ini bukan diciptakan untuk berjualan, tetapi kelebihannya untuk dapat membagikan konten dalam bentuk visual membuat banyak pebisnis menyukainya sebagai media berjualan.

Berikut merupakan beberapa cara agar jualan di instagram laku keras.

  • Buat akun instagram bisnis, bukan akun pribadi.
  • Lengkapi akun bisnis dengan profil dan bio yang menarik.
  • Tentukan tema postingan dan buat jadwal posting konten.
  • Gunakan hashtag dan caption yang menarik.
  • Aktif berinteraksi dengan followers, baik melalui direct message maupun kolom komentar.

Pada dasarnya, instagram memiliki fitur yang cukup lengkap untuk Anda berjualan. Selain itu, instagram juga memiliki pengguna yang sangat banyak. Sehingga, Anda dapat memperoleh target market dengan mudah.

Baca juga: Media Sosial vs Website dalam Dunia Digital Marketing

Jualan di Marketplace

Marketplace memang tempat para pebisnis untuk berjualan online sebab pada dasarnya fitur yang ada di platform ini dirancang dan disediakan untuk berjualan. Sebut saja Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya tentu memilik fitur yang hampir sama. Namun, di antara semua itu pasti terdapat keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Berikut merupakan cara berjualan di marketplace agar laku keras.

  • Buat akun marketplace dan lengkapi data yang ada.
  • Atur katalog produk dan gunakan gambar yang menarik.
  • Lengkapi deskripsi katalog produk dengan kalimat efektif dan jelas.
  • Balas semua pertanyaan maupun komentar pelanggan melalui chat.
  • Pilih seluruh opsi ekspedisi pengiriman.

Pada dasarnya,marketplace tentu menyediakan fitur jualan yang jauh lebih lengkap daripada instagram. Keterangan proses pengiriman serta ongkir juga sudah marketplace sediakan secara otomatis.

Jadi, jualan di instagram atau marketplace yang lebih baik? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda dalam berjualan. Nah, bila Anda ingin belajar lebih jauh tentang dunia digital marketing, yuk bergabunglah di Campus Digital.

 

Hubungi Kami