Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #instagram #bisnisonline

Jualan di Instagram Sepi? Ini Solusinya

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Jualan di instagram sepi pembeli bukanlah harapan bagi pelaku bisnis yang mengandalkan media sosial sebagai platform berjualan. Media sosial khususnya instagram memang sangat menjajikan untuk jadi lapak jualan sebab di zaman sekarang hampir semua orang menggunakan media sosial ini. Dengan begitu, jangkauan target konsumen dari pelaku bisnis bisa semakin meluas.

Tetapi sayangnya, masih sedikit pelaku bisnis yang belum tahu betul bagaimana meningkatkan penjualan via instagram. Banyak dari mereka yang hanya asal memposting foto produk tanpa melakukan trik-trik tertentu untuk menarik perhatian pembeli. Maka tak heran bila jualan mereka di instagram sepi pembeli.

Supaya hal tersebut tidak terjadi pada bisnis Anda, berikut yang harus Anda lakukan untuk menghindari jualan di instagram sepi pembeli.

1. Melengkapi profil dengan deskripsi yang baik

Profil dengan deskripsi yang baik adalah profil yang memberikan sedikit penjelasan terkait brand atau usaha yang Anda jalankan. Anda dapat pula mencantumkan alamat dan nomor telepon pada profil akun usaha Anda. Dengan begitu, pengguna akun lain akan mendapat gambaran tentang apa dan bagaimana usaha yang Anda jalankan tersebut.

2. Melakukan promosi dengan sopan

Promosi dengan sopan adalah dengan tidak melakukan spamming. Memposting sebanyak 10x dalam sehari akan membuat pengguna akun lain risih. Oleh sebab itu, carilah waktu yang tepat supaya postingan Anda tidak menganggu beranda followers. Jangan lupa pula untuk mencantumkan kata-kata yang sopan di setiap caption postingan Anda.

Baca juga: Alasan Kenapa Bisnis Makanan Online Sangat Rekomen

3. Melakukan interaksi aktif dengan followers

Berinteraksi dengan flolowers dapat menjadi pertimbangan calon pembeli untuk melakukan transaksi di lapak Anda. Maka dari itu, usahakan untuk memberi respons terbaik dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para followers. Ingat, kesan ramah akan meningkatkan loyalitas pembeli Anda.

4. Menghindari penggunaan hashtag yang tidak relevan

Penggunaan hashtag yang tidak relevan dengan produk yang Anda tawarkan seperti #followforfollow atau #likesforlikes, hanya akan mengundang fake followers. Maka dari itu gunakanlah hashtag yang terkait dengan foto produk Anda supaya apa yang Anda tawarkan mudah untuk dicari calon pembeli yang sebenarnya.

5. Memposting foto terbaik dari produk yang ditawarkan

Untuk meningkatkan minat calon pembeli, maka pilihlah foto terbaik dari produk yang Anda tawarkan. Hal ini sangat penting sebab foto atau gambar yang Anda bagikan mewakili kualitas produk yang Anda tawarkan tersebut. Apabila foto yang Anda posting gelap dan blur, tentu saja calon pembeli akan malas untuk melihat produk Anda.

Itulah solusi agar jualan Anda di instagram tidak sepi pembeli. Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang dunia bisnis khususnya terkait digital marketing, segera ikuti kursus di Campus Digital. Dengan mengikuti kursus, Anda akan dibimbing langsung oleh para tutor andal. Ayo, jadilah bagian dari Campus Digital.


Hubungi Kami