Ersa Ely Megawati

Publisher

1 minggu yang lalu


Karakter Optimasi SEO dengan Meta Description

1 minggu yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Anda telah membuat konten yang berkualitas. Langkah selanjutnya yaitu memastikan agar para calon pengunjung tertarik mengkliknya. Selain mengandalkan judul yang menarik, Anda juga perlu menulis meta description. Optimasi SEO dengan meta description menggunakan batasan karakter.

Meta description berfungsi untuk menjelasan konten Anda secara singkat. Sehingga, calon pengunjung atau pembaca halaman Anda tahu apa yang Anda tawarkan kontennya dan tertarik untuk mengkliknya.

Tidak sedikit di luar sana yang menggunakan meta description untuk kontennya. Tidak menutup kemungkinan juga kompetitor Anda. Lantas, bagaimana cara membuat meta deskripsi yang lebih menarik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Yuk simak artikel ini hingga akhir. Karena artikel ini akan menjelaskan secara lengkap optimasi SEO dengan meta description menggunakan batasan karakter.

Meta description merupakan sebuah deskripsi singkat yang menjelaskan tentang konten Anda. Deskripsi ini akan tampil di halaman hasil pencarian, tepatnya di bawah judul konten. 

Baca Juga: Pengertian dan Optimasi SEO OffPage

Optimasi SEO dengan Meta Description Menggunakan Batasan Karakter

1. Membatasi Jumlah Karakter

Panjang ideal dari meta deskripsi adalah 155-160 karakter. Lebih dari itu, maka isinya akan terpotong. Pesan yang akan di sampaikan menjadi kurang jelas. Bila panjang ideal, pembaca atau calon pengunjung dapat mengetahui nilai apa yang akan pembaca peroleh bila membaca konten tersebut.

Cara paling mudah untuk mengetahui panjang deskripsi yaitu dengan menggunakan Google SERP Simulator milik Mangools. Alat ini mampu memperkirakan tampilan konten Anda saat tampil di hasil penelusuran. Atau Anda juga bisa memanfaatkan tools Yoast SEO pada Wordpress untuk mengetahuinya.

2. Menggunakan Kalimat Aktif

Bila Anda ingin membuat meta deskripsinya menjadi lebih singkat dan mudah pembaca mengerti, Anda bisa gunakan kalimat aktif. Seperti yang Anda ketahui, kalimat aktif mendeskripsikan pesannya secara lebih singkat dan to-the-point.

Kalimat pasif cenderung akan membuat subjek kalimatnya menjadi kurang jelas. Sehingga pembaca perlu membaca lebih dari satu kali untuk dapat memahami konten Anda.

3. Menampilkan Fitur

Bila konten Anda mengandung keunikan tertentu atau menawarkan nilai yang tidak di miliki oleh konten lain, maka beritahu calon pengunjung Anda.

Tips ini tidak hanya berguna untuk mempromosikan konten saja, melainkan Anda juga dapat menggunakannya untuk mempromosikan halaman produk. Meskipun menyebutkan fitur dan keunikan konten Anda itu penting, namun tetap utamakan sudut pandang pembaca.

4. Mengandung Focus Keyword

Keyword merupakan salah satu bagian penting pada meta description. Kata kunci mampu membantu konten Anda menjadi lebih relevan dengan apa yang sedang pembaca cari.

Meskipun demikian, focus keyword yang di cantumkan ke dalam deskripsi harus enak untuk di baca. Hindari keyword stuffing, yakni penggunaan keyword secara berlebihan. 

5. Memanfaatkan Call-To-Action (CTA)

Tujuan utama dari meta deskripsi adalah untuk menarik pengunjung agar mau mengklik konten Anda. Sebab itu, Anda perlu memanfaaatkan penggunaan call-to-action. CTA berfungsi untuk mengajak pengunjung atau pembaca melakukan sesuatu. Sehingga, calon pengunjung atau pembaca akan merasa terundang untuk membaca konten Anda.

Demikian cara optimasi SEO dengan meta description menggunakan batasan karakter yang bisa Anda lakukan. Semoga cara tersebut dapat meningkat traffic website Anda. Bila Anda tertarik belajar optimasi SEO lebih jauh, Yuk bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami