Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite

Keahlian Yang Harus Dikuasai Seorang Digital Marketer!

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Di era digital sekarang ini banyak dari kalian yang belum tahu apa itu digital marketing dan digital marketer. Digital marketer merupakan profesi yang relatif masih baru di dunia digital dan pada tahun 2000-an istilah Digital marketing baru muncul. Digital marketing adalah suatu bentuk usaha pemasaran yang di jalankan melalui internet secara online.

Nah untuk mengetahui lebih jelasnya tentang digital marketer penjelasan artikel di bawah ini!

Apa Itu Digital Marketing?

Digital Marketing adalah suatu bentuk usaha pemasaran yang di lakukan secara online melalui internet. Tujuannya untuk mempromosikan produk atau layanan secara online melalui website, media sosial maupun melalui media online lainnya.

Sedangkan untuk pengertian digital marketer adalah orang yang bekerja di bidang marketing dan juga mempromosikan produk serta layanan. Lebih dari itu, dia juga harus menguasai beberapa keahlian seperti promosi, public speaking dan keahlian dalam menentukan segmentasi target pasar.

Jika kamu ingin terjun ke dunia Digital marketing, berikut adalah beberapa keahlian yang harus di kuasai:

Search Engine Optimization (SEO)

Seorang digital marketer harus paham mengenai kunci-kunci dan trik strategi dalam penggunaan SEO. SEO berguna untuk mendorong bisnis online yang biasanya berbasis di website agar dapat muncul di halaman pertama situs pencarian seperti Google, Yahoo maupun Bing.

SEO sendiri di tentukan oleh banyak faktor yang terdapat pada konten website mu seperti penggunaan keyboard, gambar, penggunaan meta title dan meta description, jumlah kata dan juga judul artikel.

Penguasaan Sosial Media

Seorang digital marketer harus paham mengenai tren apa saja yang berada di media sosial. Maka dari itu, dia wajib untuk mengetahui dan memahami tentang sosial media. Media sosial kini hadir lewat berbagai macam bentuk dan platform, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, LINE, WhatsApp dan lainnya. Digital marketer harus bekerja di antara kerumunan media sosial. Karena itulah teknik pemasaran yang di pakai seorang digital marketer berbeda dengan teknik marketing tradisional atau teknik marketing seorang pemula.

Contohnya seorang digital marketer dapat bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk melalui Instagram, Twitter dan media sosial lainnya. Seorang marketer juga bisa mencoba teknik video marketing untuk mempromosikan sebuah campaign yang di jalankan lewat platform media seperti Instagram, YouTube maupun Tiktok.

Pembuatan dan Penulisan Konten

Konten adalah suatu bentuk informasi yang di sampaikan kepada masyarakat mengenai apa saja yang di muat dalam artikel atau websitemu. Konten dalam bisnis online memiliki banyak bentuk seperti blog, sosial media, video, audio yang biasanya di posting melalui story maupun feed.

Sebagai seorang content writer, memiliki spesialis pada konten berbentuk teks perlu di lakukan agar artikel yang ditulis bisa mempunyai nilai yang tinggi.

Analytics

Salah satu keuntungan yang di dapatkan dari berbisnis online adalah banyaknya kemunculan analytics tools yang dapat membantu dan memantau perkembangan bisnis secara online.

Selain itu, analytics juga dapat membantu digital marketer untuk memantau terkait data-data terkait dengan jumlah pengunjung sebuah situs maupun website, segmentasi demografi pelanggan, performa produk dan yang lainnya.

Kenapa data-data seperti itu penting untuk di lakukan pemantauan?Karena hasilnya dapat di gunakan sebagai pengambilan keputusan terkait performa bisnis online maupun untuk melakukan evaluasi untuk bisnis kedepannya.

Menguasai Keahlian Desain Grafis

Desain grafis di era digital seperti sekarang ini sangat penting, karena tidak semua informasi pemasaran dapat tersampaikan secara efektif hanya dengan menggunakan kata-kata atau teks. Terlebih lagi visual dapat lebih berbicara dan meninggalkan kesan mendalam kepada benak dan pikiran konsumen daripada hanya menggunakan kata-kata saja yang mudah dilupakan.

Jika tidak menguasai keahlian digital grafis, seorang digital marketer harus memahami tipe desain dan jenis-jenisnya agar dapat menarik konsumen.

Itulah beberapa keahlian yang sebaiknya kamu miliki untuk menjadi seorang digital marketer profesional di dunia Digital marketing. Untuk dapat mempelajari lebih lanjut mengenai Digital marketing kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital. Kamu bisa di bimbing oleh mental profesional di bidangnya dan kamu bisa berkesempatan mendapatkan sertifikasi Digital marketing.

Hubungi Kami