Hanifi Puspasari

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Kelebihan dan Kekurangan LMS (Learning Management System)

2 tahun yang lalu - By Hanifi Puspasari

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula kecanggihan teknologi di dunia ini. Hal tersebut memberi pengaruh dalam beberapa aspek kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Jika dahulu kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tatap muka, di era sekarang ini, sistem pendidikan banyak dijalankan secara daring atau melalui Learning Management System (LMS). Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan LMS yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan

  1. Siswa tidak perlu khawatir ketinggalan materi, karena pengajar menyediakan materi di LMS yang dapat siswa akses kapan saja dan di mana saja
  2. Menghemat pengeluaran. Siswa hanya memerlukan kuota data untuk mengakses materi, tidak perlu membeli banyak-banyak buku seperti kegiatan pembelajaran sebelumnya
  3. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dari segi waktu dan lokasi.
  4. Penyampaian materi pembelajaran lebih inovatif dan variatif, sehingga siswa tidak bosan dengan sistem pembelajaran lama karena terasa lebih kreatif.
  5. Memudahkan guru atau pengajar dalam mengolah data dan nilai dari penugasan yang ada di Learning Management System (LMS)

Kekurangan

Namun, Learning Management System (LMS) juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

  1. Bergantung kepada jaringan internet. Jika saja layanan internet sudah merata, maka pembelajaran dengan LMS akan berjalan lancar. Namun sayangnya, masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau internet. Sehingga beberapa siswa di sana kesusahan melakukan pembelajaran daring.
  2. Interaksi sosial antara guru dan siswa akan berkurang. Dalam kegiatan belajar mengajar, interaksi sosial seharusnya tetap berjalan. Karena adanya jarak, tentu saja akan mengurangi interaksi sosial yang ada.
  3. Berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Karena setiap pembelajaran menggunakan perangkat gawai, maka mata akan terpapar radiasi lebih lama. Segala aktivitas belajar, mengakses materi, dan penugasan dilakukan di depan gawai. Oleh karena itu, setiap siswa harus dewasa dalam mengatur waktu dalam pemakaian gawai dan mengatur waktu istirahat mereka secara mandiri.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan LMS bagi dunia pendidikan. Kesimpulan akhirnya yaitu, kita harus pandai-pandai memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Karena sejatinya, kemajuan teknologi tercipta untuk memajukan peradaban dan memudahkan kehidupan manusia. Jadi, mari memanfaatkan teknologi yang ada dengan bijak.

 Kamu juga bisa mengikuti pelatihan digital marketing Campus Digital

Hubungi Kami