Adelia Bella

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Kini, TikTok Adalah Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh

2 tahun yang lalu - By Adelia Bella

Bersaing dengan Facebook, kini TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh

Aplikasi ini memang sedang menjadi bulan-bulanan masyarakat di semua negara, tak terkecuali negara Indonesia. Aplikasi yang muncul dari tahun 2016 ini memang pada mulanya sempat tenggelam di Indonesia dan beberapa negara akibat adanya pemblokiran dan larangan. Namun, siapa sangka, Aplikasi yang Zhang Yiming luncurkan ini menjadi viral mulai awal tahun 2020 lalu. Salah satu penyebab aplikasi ini bisa menjadi viral adalah karena adanya pandemi Covid-19. Adanya pendemi menyebabkan banyak orang harus melakukan aktivitasnya di dalam rumah dan membuat mereka membutuhkan hiburan melalui gadget.

Penyebab tajamnya peningkatan pengunduhan Tiktok

Aplikasi berbentuk video berdurasi pendek dengan tambahan audio yang menarik ini menjadi pembicaraan di semua kalangan, tak terkecuali kalangan orang tua. Para pengguna merasa menikmati konten-konten yang ada di aplikasi TikTok. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat melihat hal-hal yang unik, yang dapat menambah wawasan dan kreatifitas pengguna. Pada aplikasi ini pula kita dapat menemukan beragam konten mulai dari konten edukasi hingga konten tips and trik. Selain itu, adanya fitur like, komen, bahkan share yang memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi, menambah ketertarikan masyarakat untuk menggunakan aplikasi ini.

Pengguna yang semakin lama semakin bertambah menyebabkan tajamnya peningkatan pada angka pengunduhan aplikasi ini. Bahkan, kini TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh dan berhasil mengalahkan aplikasi Facebook yang merupakan aplikasi dengan pengunduhan terbanyak sebelumnya. Mark Zuckerberg meluncurkan aplikasi Facebook sejak tahun 2014 silam dan pernah menjadi aplikasi paling banyak mengalami pengunduhan oleh pengguna. Namun kini, meskipun banyak aplikasi serupa yang mirip, bahkan sama, hal tersebut belum dapat menyaingi tingginya pengunduhan aplikasi TikTok. 

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Dengan adanya pesaing-pesaing baru tersebut, TikTok tentu harus terus mengupgrade fiturnya untuk mempertahankan aktivitas para pengguna di TikTok. Sebagai contoh, mereka bisa menambahkan durasi pada video TikTok. Dengan hal tersebut, peluang TikTok untuk menduduki peringkat pertama dalam jangka panjang akan semakin besar.

Untuk mempelajari teknologi digital dan kelas bisnis silakan mengunjungi Campus Digital

Hubungi Kami