Raevita Andriessa

Kontributor

1 tahun yang lalu


# marketplace

Konsep Digital Marketing yang Mindblowing!

1 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

Konsep-konsep unik ini seringkali muncul di dalam aktivitas pemasaran digital di masa kini!

Konsep dalam Digital Marketing berkembang menjadi semakin unik seiring dengan berjalannya waktu. Dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada dan juga studi mengenai perilaku audiens, maka para Digital Marketer akan semakin terpacu untuk membuat konsep-konsep unik. Tren-tren yang beredar di tengah masyarakat pun sangat mempengaruhi pembentukan konsep pemasaran digital. Sekarang, ayo kita cari tahu di sini tentang konsep unik Digital Marketing yang pernah ada!

Baca juga Strategi Digital Marketing: Tren di 2021

Storytelling yang Emosional

Sepertinya, konsep pemasaran digital yang satu ini tidak akan pernah lekang oleh waktu. Salah satu alasannya adalah mereka memanfaatkan empati dan gejolak emosi yang ada di dalam diri setiap manusia. Biasanya, para pengiklan akan membuat video, komik, atau konten apapun dengan jalan cerita yang dominan memiliki nuansa emosi yang sedih. Dengan membuat konten berisi cerita-cerita yang menyentuh hati, para audiens akan dengan mudahnya luluh dan menaruh perhatian lebih kepada brand tersebut. Contohnya adalah saat Levi's di Filipina membuat iklan produk mereka yang bercerita tentang seorang ayah yang memberikan hadiah natal pada putra tunanetranya. Lihat video selengkapnya di sini!

Augmented Reality

Siapa bilang kalian hanya bisa menemukan teknologi augmented reality di dalam games saja? Untuk kalian yang belum tahu, augmented reality atau AR sebagai sebutan lainnya, adalah teknologi yang menyatukan benda rekayasa 2D-3D masuk ke sebuah lingkungan nyata dan memproyeksikan benda tersebut secara nyata dan riil. Artinya, kalian dapat seakan-akan melihat benda yang belum tentu ada di dunia nyata menjadi nyata melalui gawai yang kalian gunakan. Contoh dari brand yang sukses dalam menerapkan AR marketing ini adalah Nike. Jenama sepatu olahraga yang tersohor di dunia tersebut menggunakan teknologi tersebut untuk membantu pelanggan agar bisa melihat cocok atau tidaknya pilihan sepatu mereka melalui ponsel. Selengkapnya, cek informasinya di sini!

Penggunaan Memes

Maraknya penggunaan internet sebagai sarana untuk bersosialisasi menghasilkan komedian-komedian di ranah digital. Salah satu alat yang digunakan sebagai pendekatan komedi bagi para komedian adalah meme. Meme merupakan gambar atau video yang terunggah di dunia maya, di mana mereka menampilkan elemen komedi berupa reaksi seseorang terhadap suatu kejadian dengan menggunakan gambar atau foto yang lucu. Saat ini, meme pun sudah merambah masuk ke dunia Digital Marketing. Banyak jenama-jenama di dunia yang menggunakan meme sebagai alat untuk memasarkan produk mereka. Lihat daftar perusahaan yang menggunakan meme sebagai alat pemasaran mereka di sini!

Ini dia konsep-konsep pemasaran digital unik yang sering para agensi-agensi digital buat di beberapa tahun terakhir. Semoga memberi inspirasi untuk ide pemasaran kalian!

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Hubungi Kami