Syifa Dhia Arina

Kontributor

7 bulan yang lalu


# marketplace #wabsite

Konten Digital Marketing : Jenis Beserta Manfaatnya

7 bulan yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Jenis Konten Digital Marketing

Istilah content marketing sudah familiar dalam dunia digital marketing, tetapi tahukah kamu bahwa jenis konten digital marketing ada banyak ragamnya?

Secara sederhana, jenis konten terbagi menjadi konten audio, konten visual serta gabungan dari keduanya. Namun, dalam dunia digital marketing ada pembagian jenis konten yang sesuai dengan manfaat dan tujuan dari pembuatan konten tersebut. Kali ini kita akan membahas apa itu content marketing dan berbagai jenis konten tersebut dengan singkat. Jadi, atur posisi ternyaman kamu dan simak artikel ini dengan baik ya!

Apa Itu Konten Digital Marketing?

Konten digital marketing bernama content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital di mana seorang digital marketer merencanakan, membuat serta mendistribusikan suatu konten dengan tujuan untuk menarik perhatian target audiensnya. Konten-konten menarik tersebut sudah sesuai dengan platform yang mereka gunakan untuk sarana promosi produknya. Biasanya konten yang sudah ada akan tersebar melalui platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Youtube, Instagram dan lainnya agar dapat menjangkau audiens mereka.

 Baca juga Langkah Cerdas Membuat Tujuan Rencana Bisnis

Tipe Konten yang Biasa Digunakan Digital Marketer

Berikut adalah jenis-jenis konten dalam dunia digital marketing berdasarkan manfaat serta tujuannya:

1.Informative (Konten Informatif)

Konten informatif merupakan jenis konten yang paling dasar. Biasanya, konten jenis ini memuat informasi terkait jenis bisnis, bagaimana cara pemesanan produk, lokasi atau alamat perusahaan, profil perusahaan beserta visi dan misinya. Jenis konten yang satu ini dapat kamu temukan pada website perusahaan.

2.Educational (Konten Edukasi)

Konten jenis ini berfungsi untuk menambah pengetahuan target audiens terkait dengan perusahaan serta pengetahuan yang berkaitan dengan produk suatu perusahaan. Biasanya konten ini berbentuk pengertian, tips, cara dan hal lain yang masih berkaitan dengan tema bisnis milik suatu perusahaan.

3.Entertainment (Konten Hiburan)

Anak muda yang aktif bermedia sosial menjadi penikmat konten jenis ini, mereka lebih senang menerima dan menyebarkan konten ini karena kesannya lebih ringan serta tidak terlalu serius. Hal ini lah yang menyebabkan digital marketing agency juga mempublikasikan berbagai konten hiburan dalam bentuk visual seperti infografis, cerita komik dan meme. Selain itu mereka juga menyebarkan konten audio visual seperti video.

4.Testimonial (Konten Testimonial)

Konten ini berisi pihak ketiga yang berasal dari luar perusahaan seperti pengguna jasa atau produk perusahaan tersebut. Konten testimonial nantinya akan membantu perusahaan untuk meyakinkan masyarakat bahwa jasa atau produknya layak digunakan. Biasanya konten ini berbetuk artikel, foto, atau video yang dibuat baik oleh masyarakat biasa maupun tokoh masyarakat.

Wah, ternyata banyak juga ya jenis konten marketing. Apa kamu tertarik untuk membuat berbagai content marketing untuk bisnis milikmu? Gampang banget, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mempelajari basic dari digital marketing.

Masih bingung harus belajar dari mana ya? Tenang, ada Campus Digital yang siap bantu kamu belajar basic digital marketing kapan saja dan di mana saja. Buat kamu yang mau belajar basic digital marketing bareng Campus Digital cek di sini yuk!

Hubungi Kami