Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #wabsite #marketplace #konsepdigitalmarketing #trik & tips

Kualitas Blogger Naik Dengan Script SEO

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Dalam rangka meningkatkan kualitas blogger atau mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari, terdapat beberapa cara yang berguna, salah satunya adalah dengan memasang script SEO.

Dalam kasus optimasi SEO, berbeda dengan Wordpress, mengoptimasi halaman Blogger sedikit lebih sulit. Apabila menggunakan Wordpress, kita bisa dengan mudah mengoptimasi website dengan berbagai plugin untuk meningkatkan kualitas SEO. Lalu, bagaimana dengan Blogger? Kita bisa menerapkan Script SEO pada Blogger. Bagaimana langkah memasang script SEO ini? Mudah saja, ikuti langkah berikut ini.

Prinsip Kerja Script SEO

Sebelum beranjak ke langkah-langkah, mari kita cari tahu bagaimana cara kerja script SEO. Jadi, secara sederhana, prinsip kerja script SEO ialah menjadikan setiap kata di artikel blogger menjadi link, sehingga nantinya akan bisa tertangkap oleh mesin pencari. Dengan begitu, script SEO akan dapat membaca setiap kata pada postingan kita.

Contohnya adalah, ketika kita memilih kata kunci atau keyword tentang “langkah blogging”, maka secara tak langsung kata “langkah blogging” akan menjadi link yang akan menuju ke URL yang sudah kita tentukan. Jadi, selain dapat meningkatkan kualitas halaman blogger, Script SEO juga bisa membaca setiap kata pada konten blogger kita.

Baca Juga: Dasar-Dasar SEO Yang Penting Diketahui Para Pemula

Langkah Pemasangan

Cara menerapkan script seo cukup mudah. Kita hanya perlu menuliskan script ke dalam tag HTML blog. Di bawah ini adalah contoh script-nya.


Setelah itu, copy atau tulis script di atas dengan mengganti bagian yang tercetak tebal sesuai alamat blogger masing-masing. Jika tahap copy script sudah selesai, maka kemudian kalian bisa mengikuti tahapan memasang script.

Langkah Memasang Script SEO

Tahapan memasang script SEO pada Blogger yang pertama adalah, masuk ke halaman dashboard blog. Setelah berhasil masuk ke halaman dashboard, langkah kedua adalah klik menu tema. Setelah menu tema terbuka, tahap ketiga ialah klik menu HTML. Jika sudah masuk ke tab HTML, langkah selanjutnya ialah mencari kode </body> . Bila sudah menemukan kode, cara yang berikutnya adalah meletakkan script tersebut di atas kode </body> , dengan catatan script di atas sudah kalian edit menggunakan keyword dan alamat situs blog masing-masing (script yang di bold).

Apabila tahap peletakkan script sudah selesai, maka yang selanjutnya kita lakukan adalah melihat perbedaan sebelum dan sesudah memasang script.

Jika script SEO tersebut tidak memberikan perubahan yang signifikan, mungkin terdapat beberapa masalah pada blog kalian, seperti artikel atau konten yang kurang baik maupun audience atau pengunjung yang tidak tergolong dalam konsistensi blog kalian.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan menerapkan Script SEO, kualitas SEO pada blogger atau website kita akan menjadi lebih baik.

Jika kalian masih belum paham dengan penjelasan tentang SEO pada artikel ini, ikuti program di Campus Digital, yuk!

 

Hubungi Kami