Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Kursus Digital Marketing Terdekat Offline? Efektifkah?

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

[caption id="attachment_3323" align="alignnone" width="300"] Kebanyakan orang lebih memilih mengambil kursus offline untuk belajar Digital Marketing, apakah efektif?[/caption]

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, sistem pendidikan dan pelatihan pun juga ikut berubah mengikuti kebutuhan manusia. Cabang-cabang ilmu semakin banyak bertambah mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia untuk menambah wawasan. Metode pembelajaran pun sudah banyak jenisnya, bahkan saat ini banyak yang sudah bisa melakukan pembelajaran secara online. Bahkan saat ini untuk belajar Digital Marketing pun sudah bisa dilakukan secara online, sehingga tidak perlu datang ke tempat kursus Digital Marketing terdekat dan belajar tatap muka langsung.

Apalagi di dalam masa pandemi Covid-19 ini yang menuntut semua orang untuk melakukan semua hal dengan cara online, termasuk belajar. Berangsur-angsur, banyak orang yang sudah mulai beralih metode belajar menjadi online, tetapi apakah berarti metode offline sudah tidak populer lagi? Seperti kebanyakan metode pembelajaran, kursus offline juga terdapat kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya!

Baca juga Pelatihan Online Bersertifikat Memperkaya Skill

Kelebihan Kursus Offline

Kursus-kursus offline secara tatap muka memiliki beberapa kelebihan. Kebanyakan orang yang memilih kursus offline merasakan sistem pembelajaran yang lebih efektif yang membuat mereka dapat lebih menyerap materi. Jika ada yang ingin ditanyakan, peserta kursus dapat langsung menginterupsi instruktur dan melayangkan pertanyaan. Interaksi secara langsung dengan instruktur dan siswa lainnya menciptakan keintiman dalam suasana belajar mengajar. Para peserta juga dapat langsung mengaplikasikan materi secara praktik di lapangan. Di dalam kursus offline juga banyak yang merasa lebih mudah untuk memperluas jaringan perkenalan, tidak seperti di sistem online yang mengurangi interaksi langsung dengan peserta lain. Instruktur juga akan lebih mudah dalam mengatur laju pembelajaran dan menyesuaikan diri dengan kemampuan siswa di dalam kursus offline.

Kekurangan Kursus Offline

Namun, kursus offline juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat mengurangi minat untuk belajar. Beberapa peserta kursus offline merasakan energi fisik mereka lebih mudah terkuras. Meskipun jarak tempat tinggal mereka dekat dengan tempat les, mereka seringkali merasa lelah duluan sebelum belajar karena kelelahan berjalan. Peserta kursus yang memiliki kepribadian yang introvert pun dapat merasa kurang nyaman untuk berinteraksi dengan peserta lainnya, sehingga minat untuk belajar pun dapat hilang. Banyaknya peserta di dalam kelas kursus pun membuat suasana ramai, sehingga dapat mengurangi konsentrasi peserta kursus yang benar-benar ingin belajar. Biaya untuk kursus offline pun juga tak sedikit, sehingga peserta harus menyediakan biaya lebih untuk membayar uang kursus.

Kesimpulannya adalah kursus offline memiliki banyak kelebihan, tetapi dengan banyaknya kelebihan yang ada juga terdapat kekurangan yang menyertainya. Kursus offline memang bukan metode yang paling sempurna sebagai metode pembelajaran, tetapi bukan juga metode pembelajaran yang paling buruk. Selanjutnya kembali lagi ke keputusan calon peserta kursus, apakah mereka pribadi lebih nyaman untuk mengambil kursus offline atau online. Yang penting adalah niat dari calon peserta sudah mantap ingin belajar. Jika calon peserta memiliki keinginan serius, maka belajarlah bersama kami di Campus Digital dan rasakan pengalaman belajar Digital Marketing yang berbeda dari tempat kursus lainnya!

 

Hubungi Kami