Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

2 tahun yang lalu


Langkah Cerdas Membuat Tujuan Rencana Bisnis

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Saat anda akan memulai suatu bisnis, alangkah baiknya anda membuat rencana bisnis terlebih dahulu. Merencanakan suatu bisnis artinya anda sedang mempersiapkan jalur yang tepat bagaimana bisnis itu dijalankan dan memberikan kesuksesan didalamnya. Pembuatan rencana bisnis itu krusial, sehingga harus dibuat secara matang dan terinci. Membuat rencana bisnis memang tidak mudah, biasanya yang membuat sulit karena kebingungan bagaimana memulai membuat rencana bisnis yang benar dan tepat. Oleh karena itu ada beberapa langkah cerdas yang bisa memudahkan anda dalam membuat rencana bisnis, apa saja itu? Berikut diantaranya :

Buatlah tujuan yang spesifik apa yang ingin anda capai dari bisnis tersebut

Tujuan dari segala bisnis secara umum adalah memperoleh laba atau keuntungan. Namun, bukan berarti anda membuat tujuan hanya secara umum tersebut saja. Karena bila hanya membuat tujuan memperoleh laba doang, ketika laba sudah didapatkan maka tujuan anda sudah tercapai lalu anda mau melakukan apalagi? Oleh karena itu buatlah tujuan yang lebih spesifik dari bisnis yang akan anda jalani nantinya.

Contoh tujuan spesifik, misal anda ingin menguasai 20% marketshare pasar dari produk yang anda jual secara nasional, ataupun bagaimana produk anda menjadi benchmark dari semua produk sejenis yang ada dipasaran. Apapun itu buatlah tujuan yang spesifik yang ingin anda capai.

Membuat tolak ukur capaian dari bisnis yang anda inginkan

Tolak ukur ini akan memudahkan anda sebagai step by step dalam meraih tujuan yang akan anda inginkan. Tanpa adanya tolak ukur anda akan kesulitan apakah bisnis yang anda jalani sudah mencapai progress menuju tujuan bisnis yang sudah anda buat. Untuk membuat tolak ukur ini, anda bisa melihat dari capaian tiap progress ataupun tolak ukur misal ketika sudah mencapai sekian maka bisnis anda sudah mencapai tujuan tersebut.

Baca juga Tahapan Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Usahakan tujuan business plan yang anda buat dapat dicapai

Ini penting, bisnis itu berbicara tentang angka dan logika. Jadi ketika akan membuat sebuah rencana bisnis, maka tujuan yang ingin dicapai mestilah masih bisa dicapai. Bukan sesuatu yang halusinasi belakang yang mustahil untuk tercapai. Misal, anda baru membuka suatu usaha kopi kekinian dengan target menjadi brand nomor satu mengalahkan starbucks. Ya meskipun bukan mustahil sih, namun itu merupakan target yang terlalu tinggi. Cobalah dimulai dari menjadi tempat rekomended nongkrong anak muda di sekitar lokasi, kemudian naik tingkat kota baru dinaikan lagi sesuai dengan perkembangan bisnis anda.

Tentukan batas waktu kapan untuk mencapai tujuaun tersebut

Batas waktu penting dibuat agar anda tetap fokus dalam usaha untuk mencapai target yang sudah dibuat. Dengan adanya batasan waktu juga membuat anda akan memperhatikan setiap detail detail dari bisnis yang anda jalankan. Dan ketika ada suatu problem pun bisa langsung diketahui dan segera melakukan upaya untuk mengatasi hal tersebut.

Yuk gabung bersama kami di Campus Digital untuk mengetahui lebih lanjut mengenai marketing.

Hubungi Kami