Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload # marketplace #wabsite #trik & tips

Langkah-Langkah Membuat Artikel Di Blog

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Setiap orang memiliki langkah-langkah sendiri dalam membuat suatu artikel di blog. Tetapi, bagi yang belum terbiasa atau pemula, pasti bingung harus memulai darimana.

Artikel ini akan membantu kamu dalam memberikan tips saat menulis artikel atau tulisan lainnya di blog. Simak langkahnya berikut ini.

Tips Membuat Artikel Di Blog

Membuat Topik Blog yang Kalian Pahami

Salah satu alasan kita sulit menulis adalah karena kalian tidak benar-benar paham akan topiknya. Apabila kalian ingin mulai menulis, cobalah untuk mencari topic yang kalian suka dan pahami. Selain mempermudah proses penulisan, nantinya hasil akhir tulisan kalian pun akan bagus.

Baca Juga: Tutorial: Cara Menulis Blog Gratis di Blogger.com

Jangan Kaku

Ada satu tips agar orang artikel kalian enak untuk dibaca. Tips tersebut adalah dengan menulis saat kalian sedang mengobrol bersama teman.

Mengapa begitu? Ini agar tulisan kalian tidak kaku dan luwes. Ini akan membuat pembaca nyaman dalam membaca. Meskipun begitu, tetap perhatikan ejaan dan tanda baca, ya.

Libatkan Pembaca Pada Blog

Dalam artikel ini, kata sapaan “kalian” sering sekali muncul. Ini adalah cara untuk melibatkan pembaca dalam tulisan di blog.

Sama seperti tips sebelumnya, fungsi dari sapaan ini adalah agar pembaca merasa dekat dan nyaman saat membaca. Kalian bisa menggunakan sapaan lainnya, seperti sobat, kawan, sahabat, anda, kamu, dan lainnya.

To The Point

Tidak semua pengunjung blog atau pengguna internet memiliki banyak waktu luang. Maka dari itu, jangan habiskan waktu pembaca blog kalian hanya untuk membaca basa-basi tidak penting.

Tulislah artikel langsung pada intinya. Sebenarnya boleh saja apabila ingin basa-basi atau membuat semacam prelude di awal artikel. Asalkan jangan bertele-tele dan usahakan tetap sesuai konteks.

Gunakan Gaya Bahasa yang Mudah Dipahami

Artikel harus bisa menjawab pertanyaan dan memberikan solusi bagi pembaca. Jadi gunakanlah gaya bahasa yang umum. Pilihlah kosakata yang dapat pembaca pahami. Sebab, tidak semua pengunjung memiliki tingkat kecerdasan yang sama. Jika kalian memang harus memasukkan suatu istilah yang baru, berikanlah penjelsan singkat mengenai istilah tersebut.

Jangan Membuat Paragraf Terlalu Panjang

Usahakan untuk tidal menulis paragraph melebihi empat baris atau empat kalimat. Meskipun hal ini terlihat sepele, tetapi ini penulisan paragraph cukup penting. Paragraf yang teralu panjang akan membuat mata cepat lelah. Bisa-bisa pengunjung jadi malas membaca artikel blog kalian.

Gunakan Subheading dan Bullet Point

Tips lain agar pembaca tidak mudah bosan saat membaca artikel blog adalah dengan menggunakan subheading dan bullet point. Dua fitur ini akan memudahkan pembaca dalam memahami artikel. Topik yang tersaji menjadi semakin jelas, sehingga pembaca bisa lebih nyaman dalam membacanya.

Gunakan Gambar Pada Blog

Gambar dalam konten blog adalah pemanis. Kalian boleh menambahkannya, boleh juga tidak. Tapi, lebih baik untuk menggunakan gambar agar artikel lebih menarik. Usahakan untuk memilih gambar yang relevan, ya. Perhatikan pula kualitasnya.

Edit dan Proof Read Artikel Blog

Setelah tips-tips tadi selesai, yang paling penting adalah melakukan proof read dan editing. Kalian wajib membaca ulang artikel yang sudah jadi. Hal ini untuk menghindari kesalahan penulisan, seperti tandan baca dan ejaan, serta memperbaiki kalimat yang kurang efektif.

 

Demikian langkah-langkah dalam membuat artikel di blog. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menulis, ya.

Apabila kalian masih ingin belajar tentang blog atau website, boleh lho mengunjungi program dari Campus Digital. Sudah pasti tidak akan menyesal!

 

Hubungi Kami