Rahmatul Zakia

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website #UMKM

Lembaga Sertifikasi UMKM

2 tahun yang lalu - By Rahmatul Zakia

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia berjumlah 64 juta. 98,7% antaranya adalah usaha Mikro dan sekitar 0,01% atau 5000 usaha Besar. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informasi, pada tahun 2019 kurang lebih berjumlah 64 juta pengusaha UMKM, dan hanya sekitar 20% pengusaha yang sudah mendaftarkan usahanya secara resmi. Kementrian Koperasi dan UKM mendorong peningkatan daya saing, nilai tambah produk serta jangkauan pemasaran UMKM. Salah satu dorongan tersebut dengan standarisasi dan sertifikasi produk UMKM secara gratis. Deputi bidang pengawasan kementrian koperasi dan UKM menyatakan, bahwa setidaknya 2 program kegiatan sertifikasi UMKM, yaitu fasilitasi pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI), Halal, ISO, SNI, dan HACCP, serta konsultasi dan pemberkasan dokumen. Menteri Koperasi dan UKM mengatakan apabila setiap tahun Kementerian, lembaga, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mampu menyerap belanja produk UMKM, maka penyerapan tersebut bisa mencapai Rp 300-400 triliun.

Tahukah kamu bahwa saat ini sudah banyak lembaga-lembaga sertifikasi Profesi yang bergerak di bidang UMKM. Ingin tahu lembaga apa saja yang bergerak di bidang umkm? jawabannya ada di bawah ini yaa!

Baca juga Pemerintah Gratiskan Sertifikasi Produk UMKM

LSP UMKM dan WI

LSP UMKM memiliki skema kompetensi yang di design khusus untuk umkm dan wirausaha. Lembaga kami juga sudah mendapakan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat ini menjadi salah satu asset berharga bagi pelaku umkm karena sertifikat ini sudah mendapat pengakuan dari negara bahwa umkm tersebut sudah kompeten dalam menjalankan bisnisnya.

Sertifikat ini adalah bukti bahwa umkm tersebut teruji dalam hal pengetahuan, kemampuan, dan sikap dalam menjalakan bisnisnya. Terlebih sertifikat yang di keluarkan setelah pengujian juga diterima secara internasional, sudah pasti umkm yang memiliki sertifikat ini jadi naik kelas.Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi Campusdigital

Hubungi Kami