Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#brand loyalty # cara membangun brand loyalty # customer # digitalmarketing # loyalitas pelanggan

Loyalitas Pelanggan : Pengertian Hingga Tips

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Loyalitas pelanggan menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh suatu perusahaan. Pelanggan yang mempunyai loyalitas tinggi akan cenderung setia pada suatu brand dan memiliki gaya hidup konsumtif yang tinggi. Hal itu tentu saja sangat berpengaruh besar pada penjualan produk. Lalu apa yang itu loyalitas ?? dan bagaimana cara untuk mendapatkan loyalitas tersebut???. Simak ulasan lengkap berikut ini.

Pengertian

Dari segi bahasa “loyalitas” berasal dari kata perancis kuno yaitu “loyal” yang memiliki arti mutu dari sikap setia. Sedangkan secara makna loyalitas pelanggan memiliki pengertian sebagai sebuah kondisi ketika konsumen memiliki hubungan emosional yang cukup tinggi untuk tetap setia dan memberikan dukungan penuh kepada suatu brand atau produk tertentu. 

Hal tersebut merupakan sebuah aset terbesar dari sebuah merek, jasa, perusahaan ataupun brand. Karena dengan ini , setiap perusahaan telah memiliki investasi berupa konsumen setia yang akan selalu bersedia menunggu produk terbaru yang mereka keluarkan. Bahkan rela mengantri untuk mendapatkan produk baru yang sedang dirilis.

Baca Juga : Software Akuntansi AOL: Solusi Keuangan UMKM



Dengan membangun pelanggan yang mempunyai loyalitas tinggi maka akan mendapatkan banyak keuntungan dari sisi perusahaan. Perusahaan tentunya secara tidak langsung sudah mempunyai target pasar yang jelas karena sudah memiliki pelanggan yang loyal. Namun mendapatkan hasil tersebut bukanlah hal yang mudah karena setelah mendapatkan loyalitas tersebut perusahaan harus mampu mempertahankan loyalitas yang telah ada.

Tips Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Kenali Pelanggan Anda

Cara yang bisa kita lakukan untuk memperoleh loyalitas dari pelanggan adalah dengan mengenal secara personal masing-masing konsumen. Kita bisa membuat suatu database khusus untuk memuat berbagai data pelanggan.Mungkin memang sulit untuk mengenal seluruh pelanggan satu per satu. Namun, Anda bisa membuat database berisi informasi tentang pelanggan, mulai dari nama, tanggal ulang tahun, hingga history pembelian mereka. Nanti ketika mereka ulang tahun anda bisa mengirimkan email selamat ulang tahun atau ketika ada produk baru yang sesuai dengan selera mereka anda bisa langsung mengirimkan penawaran secara personal melalui email. Hal ini tentunya akan membangun hubungan emosional yang baik dengan pelanggan.

Jangan Abaikan Keluhan

Salah satu cara paling mudah dalam membangun loyalitas adalah dengan menjawab semua keluhan yang masuk. Dengan menjawab segala keluhan yang masuk akan membuat pelanggan merasa dihargai sehingga akan timbul kepercayaan dan kepuasaan dari pelanggan itu sendiri.

Membuat Reward Yang Sesuai

Seloyal apa pun pelanggan, pada suatu titik ia bisa saja merasa bosan atau tidak tertarik lagi dengan brand Anda. Oleh karena itu memberikan reward menjadi salah satu cara efektif untuk membuat dan meningkatkan loyalitas yang ada. Reward yang dibuat juga harus sesuai dengan tingkatan loyalitas yang ada agar bisa sesuai dengan target yang diharapkan.

Itulah ulasan singkat mengenai loyalitas pelanggan. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan menciptakan loyalitas dari pelanggan bagi produk anda khususnya bagi para pegiat UMKM. Dengan membangun loyalitas pelanggan maka keuntungan yang kita dapatkan akan lebih maksimal.

Untuk informasi lebih lengkap tentang apa itu loyalitas pelanggan pengertian hingga tips bisa kunjungi Campusdigital


Hubungi Kami