Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #trik & tips

Makalah Digital Marketing dan Tips Membuatnya

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

Membuat makalah memang sudah menjadi keseharian para mahasiswa. Tips-tips di sini dapat membantumu dalam menyusun makalah bertemakan Digital Marketing.[/caption]

Kalian memiliki kesulitan dalam menulis makalah yang bertemakan Digital Marketing? Tenang saja, banyak mahasiswa dari jurusan serupa memiliki masalah dan kesulitan yang sama kok. Digital Marketing memang bukan merupakan suatu topik yang mudah kalian kaji dengan dasar-dasar yang super ilmiah. Tentu ini semua karena praktik Digital Marketing harus langsung di kehidupan nyata dan hanya sedikit mengandalkan teori. Lantas bagaimana tips membuatnya? Yuk, kita kupas tuntas!

Baca juga Cara Belajar SEO, Blogger Pemula Wajib Tahu!

Kenali Jenis Makalahmu

First things first, kalian harus mengenal jenis makalah yang menjadi tugas kalian. Secara garis besar, makalah memiliki jenis yang berbeda-beda, di antaranya adalah:

  1. Makalah Ilmiah yang merupakan makalah paling umum di ranah akademik. Makalah ini bertujuan untuk meninjau suatu fenomena menggunakan kajian teoretis yang sudah terbukti kebenarannya. Di sini, kalian tidak boleh memasukkan opini pribadi kalian yang masih bersifat subjektif semata.
  2. Makalah Kerja yang merupakan hasil dari penelitian yang kalian lakukan sendiri. Biasanya, makalah jenis ini dapat memuat laporan hasil praktikum yang kalian lakukan sendiri. Jadi besar kemungkinannya untuk kalian memasukkan opini yang masih bersifat subjektif.
  3. Makalah Kajian yang fungsinya adalah untuk memecahkan masalah yang tergolong kontroversial. Di sini, kalian bisa memuat kritikan terhadap suatu disiplin ilmu yang masih sarat akan kebenaran.
  4. Makalah Posisi yang biasanya berperan besar dalam acara-acara konferensi untuk pemecahan masalah. Delegasi-delegasi dalam lomba debat atau Model United Nations biasanya familiar dengan makalah jenis ini.

Jika kalian sudah menentukan jenis makalah yang akan kalian buat, maka kalian aman untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Tentukan Topik Besar Makalahmu

Sebelum memulai penelitian, tentunya kita harus menentukan topik besar fenomena yang akan kita teliti. Kalian bisa memulai dari fenomena-fenomena yang sedang populer atau yang familiar dari lingkungan kalian. Keuntungannya dari pembuatan makalah Digital Marketing adalah aksesibilitas kalian terhadap fenomena yang ada. Digital Marketing, sesuai namanya membuat fenomena-fenomena periklanan baru di ranah digital, seperti situs web, mesin pencarian, dan juga media sosial. Untuk mencari topik, kalian tak perlu jauh-jauh bepergian ke sana kemari, kalian cukup membuka internet dari gadget kalian dan berselancar di web.

Kembangkan Topik Besarmu

Setelah menemukan topik yang cocok, kalian tentunya harus mengembangkannya menjadi sesuatu yang dapat menjadi judul kalian. Kalian semua bisa membuat judul kalian menjadi lebih luas ataupun juga lebih spesifik kajiannya. Dalam merumuskan masalah dan menulis latar belakang penelitian, kalian juga dapat menggunakan topik yang telah kalian kembangkan ini. Untuk mengembangkan topik, cobalah untuk mengaitkan topik besar kalian ke dalam fenomena-fenomena yang lebih spesifik untuk memudahkan proses penelitian.

Ini dia tips-tips yang dapat mahasiswa sekalian gunakan untuk membuat makalah bertemakan Digital Marketing. Sekadar mengingatkan, tips ini dapat kalian gunakan untuk tahap proposal dari penelitian kalian. Untuk kelanjutan dari penelitian yang kalian buat, kalian harus dapat menentukan metode penelitian dan mencari referensi yang mendukung. Sudah ada banyak sumber-sumber digital yang menyediakan referensi yang kalian butuhkan, kok. Semoga bermanfaat!

 Yok kunjungi dan daftar di Campus Digital

Hubungi Kami