Putri Devi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #marketplace #seo

Manfaat Blog Dalam Pembelajaran

2 tahun yang lalu - By Putri Devi

Dengan pesatnya perkembangan blog di Indonesia menjadi sebuah inspirasi baru bagi para guru untuk bisa memanfaatkannya. Banyak guru sudah menjadikan blog sebagai media pembelajaran bagi siswa atau muridnya di sekolah.

Seperti zaman yang serba teknologi sekarang ini mendukung adanya hal tersebut. Mayoritas mendapatkan sumber informasi dari internet, maka dari itu belajar menggunakan blog bisa membantu para guru dan siswa dalam mengajar dan belajar di sekolah.

Baca juga mengenai 3 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Blogging.

Manfaat Blog Dalam Pembelajaran

[caption id="attachment_560" align="alignnone" width="1024"] Manfaat Blog Dalam Pembelajaran[/caption]

Berikut ini ada beberapa manfaat blog sebagai media dan sumber belajar di sekolah yaitu:

1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru

Blog dapat menjadi tempat untuk membagikan kreativitas seperti menulis maupun karya-karya lainnya. karena tidak ada batasan dalam menulis sesuatu di blog. Hal tersebut bisa langsung di uploud tanpa harus di editing terlebih dahulu.

2. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar

Guru bisa memasukkan seperti materi pelajaran, tugas-tugas, dan nilai siswa ke dalam blog sehingga hal tersebut dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar. Selain itu siswa juga mudah mengakses pada kapanpun dan dimanapun.

3. Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa 

Dengan blog, seorang guru dapat memposting materi pelajaran yang sudah tersusun dengan konsep yang informatif dan menarik. Lalu para siswa bisa membuka blog untuk mengaksesnya dan kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih seru dan praktis. Hal tersebut akan meningkatkan minat belajar para siswa.

4. Blog dapat diakses oleh siapa pun

Tidak hanya guru yang bisa membagikan pelajaran untuk siswanya, namun banyak orang bisa mengakses dengan mudah jika membutuhkan sebuah informasi atau permasalahan yang sama.

5. Blog dapat menjadi media silaturahim

Blog dapat menjadi sebagai sarana untuk orang lain saling bertemu baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Dengan bisa saling berkomunikasi akan bertukar informasi atau pandangan terhadap sesama. Alasannya karena blog menjadi platform yang dipakai banyak orang sehingga mendapatkan manfaat untuk menambah relasi.

Nah itulah berbagai manfaat blog sebagai media pembelajaran yang berguna bagi guru maupun siswa. Lalu para guru juga bisa mengetahui langkah-langkah penggunaanya agar pembelajaran menjadi efektif dan lancar. Harapannya blog bisa menjadi platform yang bermanfaat bagi siapapun itu. Jika ingin mengetahui mengenai website dan yang lainnya silahkan mengunjungi Campus Digital.

 

Hubungi Kami