Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Manfaat Digital Marketing Menurut Para Ahli

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

[caption id="attachment_9866" align="alignnone" width="580"]Apa saja manfaat Digital Marketing menurut para ahli? Yuk kita simak bersama-sama![/caption]

Peran Digital Marketing di dalam kegiatan pemasaran di tengah era yang serba digital ini sangat signifikan. Konsumen-konsumen dan juga perusahaan yang memasarkan produk dan jasa mereka secara langsung dapat merasakan manfaatnya. Bahkan, manfaat dalam Digital Marketing juga telah terakui oleh para ahli melalui studi mereka. Di dalam artikel ini, kami akan merangkum apa kata orang-orang yang ahli di bidangnya.

Chaffey (2002)

Dalam bukunya yang berjudul "E-Business and E-Commerce Management" yang terbit pada tahun 2002, Dave Chaffey menyebutkan beberapa pernyataan. Beliau mendeskripsikan Digital Marketing sebagai penerapan teknologi terhadap pemasaran yang akan membentuk hubungan daring ke pasar. Hubungan ini nantinya akan menggunakan alat-alat perantara seperti websitedatabaseemail, bahkan televisi digital secara optimal. Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran para audiens akan produk atau jasa yang muncul di masyarakat melalui kanal-kanal yang ada. Secara implisit, Chaffey menyatakan bahwa kegiatan pemasaran digital berguna untuk membuat masyarakat mengetahui keberadaan produk dan jasa yang ada.

Urban (2004)

Glen L. Urban di dalam buku terbitan tahun 2002-nya yang berjudul "Digital Marketing Strategy: Text and Cases" juga memuat beberapa pernyataan yang tak kalah krusial. Pendapatnya mengatakan bahwa pemasaran digital merupakan upaya penggunaan internet untuk meningkatkan performa dan fungsi dari pemasaran. Masalahnya,efektivitas pemasaran tradisional untuk menarik calon konsumen sangatlah kurang. Urban telah jelas menyatakan bahwa metode pemasaran tradisional kurang optimal jika penerapannya masih ada di dalam era digital. Terlebih lagi, kini jenis-jenis pemasaran digital pun sudah banyak seperti interactive marketingone to one marketing, dan e-marketing, di mana peran teknologi sangat dominan. Dengan ini, beliau setuju jika Digital Marketing bermanfaat untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Heidrick dan Struggles (2009)

Pernyataan yang sama terdapat di dalam buku "The Adoption of Digital Marketing in Financial Services Under Crisis" karya Heidrick and Struggles. Di dalam buku yang terbit tahun 2009 ini, penulis mendefinisikan pemasaran digital sebagai pemasaran online berbasis situs web, perangkat games dan ponsel pintar. Adapun tujuannya adalah untuk menawarkan akses baru terkait metode periklanan yang memiliki pengaruh besar untuk menarik perhatian audiens. Sejalan dengan pernyataan di atas, Heidrick dan Struggles menyayangkan fakta bahwa pengiklan mengalokasikan budget untuk memasang iklan melalui media tradisional dan melupakan efektivitas pemasaran digital.

Berdasarkan pemaparan dari para ahli ini, tentunya dapat kalian ambil kesimpulan bahwa Digital Marketing berguna untuk menjangkau para pelanggan. Untuk menunjang fungsi tersebut, media digital yang semua orang pakai sangat penting untuk jangkauan maksimal. Ingin belajar lebih banyak lagi mengenai Digital Marketing? Gabung saja bersama Campus Digital!

 

Hubungi Kami