Intan Trianti

Kontributor

7 bulan yang lalu


# marketplace #wabsite

Manfaat membuat blog yang kamu harus tahu!

7 bulan yang lalu - By Intan Trianti

Manfaat Membuat Blog yang Kamu Harus Tahu!

Banyak orang beranggapan bahwa manfaat membuat blog hanyalah sekadar media penyalur untuk menuliskan artikel. Padahal tentu tidak selalu seperti itu. Manfaat membuat blog sebenarnya memiliki potensi yang lebih besar bagi si penulis dan pembacanya. Blog berperan besar untuk memberikan berbagai konten-konten yang dapat diakses pengguna online. Berbagai konten tersebut dapat dibagikan di dunia maya sehingga orang-orang yang terhubung dengan internet dapat mengakses dan mengunduhnya dengan mudah. Nah di artikel ini kami membahas tentang apa saja sih manfaat dari membuat atau pembuatan blog itu?

Manfaat Membuat Blog

1. Sebagai Sarana Menyalurkan Hobi Menulis

Bagi orang yang memiliki hobi menulis, membuat blog adalah sarana yang tepat. Karena saat ini menulis dalam buku sudah sangat jarang ditemukan, selain karena kemajuan teknologi.

2. Sebagai Media Tempat Curhat

Banyak orang yang menjadikan blog sebagai media untuk mencurahkan isi hati. Meskipun hanya berupa curahan hati, terkadang tulisan ini juga dapat mempunyai manfaat bagi orang lain. Misal, saat ada yang curhat tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran online, maka bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya. Dengan bagaimana memaksimalkan saat kita melakukan pembelajaran online tersebut.

Baca Juga Efektivitas Pembelajaran Daring vs Konvensional!

3. Mengasah Skill

Beberapa orang belajar menulis blog untuk mengasah skill. Skill menulis saat ini tentu sangat dibutuhkan, maka sayang saja apabila tidak diasah dengan baik. Nah, blog ini bisa menjadi sarana yang tepat dalam mengasah skill kepenulisan kita. Misal saja Raditya Dika, sebelum menjadi penulis buku yang terkenal. Dulunya ia rajin menulis di dalam blog, dan tulisan tersebut akhirnya di bukukan.

4. Berbagi Seputar Pengetahuan Baru

Tentunya tidak semua keahlian atau pengetahuan yang kita miliki dapat dengan mudah dibagikan. Karena, belum tentu orang-orang di sekitar kita dapat sepenuhnya tertarik dengan keahlian-keahlian yang kita miliki. Sebenarnya hal ini terjadi karena terbatasnya jangkauan yang kita miliki. Nah, dengan membuat blog untuk berbagi pengetahuan, akan membuat lebih tepat sasaran kepada orang-orang yang tertarik dengan konten pengetahuan yang disajikan.

5. Menghasilkan Uang Secara Online

Bagi kita yang ingin mendapatkan uang tambahan, kita dapat membuat blog sebagai media menghasilkan uang secara online. Caranya adalah dengan mempromosikan produk, atau memasang iklan seperti google ads pada blog kita. Sebelum itu buatlah konten menarik, dan atur blog dengan baik. Tentukan tema, jenis blog anda (Baca Jenis-Jenis Blog yang Harus Anda Ketahui!). Selain itu penting untuk belajar terkait SEO jika menggunakan blog sebagai media menghasilkan uang secara Online.

Baca juga Dasar-Dasar SEO bagi Pemula

6. Sebagai Portofolio Online

Berdasarkan MediaBistro, sembilan dari sepuluh perusahaan akan mencari dan melihat profile kita secara online sebelum merekrut karyawan. Hampir 43 persen peserta survey tersebut mengatakan bahwa mereka mendapatkan kandidat berkualitas dengan cara ini.

Nah, kita bisa memanfaatkan kegunaan blog sebagai portofolio online kita loh. Blog ini nantinya bisa diisi dengan tulisan, foto, maupun proyek atau karya yang pernah kita kerjakan sebelumnya. Memiliki blog adalah cara cerdas menarik minat perusahaan yang kita inginkan!

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


 

Hubungi Kami