Sari Wardhatul Jannah

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website

Manfaat Online Assessment Dengan e-Learning

2 tahun yang lalu - By Sari Wardhatul Jannah

Manfaat Online Assessment dengan e-Learning - Pandemi Covid-19 yang belum juga selesai memaksa segala aspek harus mampu beradaptasi dengan penggunaan teknologi digital. Salah satunya yaitu penggunaan online assessment untuk menjalankan seleksi secara tepat tanpa adanya tatap muka. Online assessment membantu mempermudah proses seleksi dan memberikan hasil yang objektif.

HR dapat memilih kandidat karyawan berdasarkan kualitas yang didapat dari hasil penilaian tiap peserta tanpa ada faktor yang tidak relevan seperti usia, jenis kelamin dan sebagainya. Oleh karena itu penggunaan online assessment dapat mengoptimalkan pencarian karyawan yang tepat.

Berikut manfaat Online Assessment dengan e-Learning :

Memudahkan Penyaringan

Online Assessment memungkinkan HR untuk melakukan tes keterampilan dalam seleksi awal. Jika biasanya pada tahapan awal mengandalkan dokumen pribadi, hal ini dapat menjadi opsi lain agar dapat memberikan gambaran nyata tentang kemampuan kandidat.

Memudahkan Penilaian

Online assessment dengan menggunakan e-learning mudah diatur dan disesuaikan untuk setiap peran yang ingin direkrut. Dengan menggunakan e-learning akan memudahkan HR melakukan penilaian spesifik untu mendapatkan hasil yang akurat.

Penilaian Objektif

Dalam penilaian kadangkala menggunakan naluri yang bersifat subjektif dalam menilai seorang kandidat karyawan. Akan tetapi cara ini tidak selamanya berujung baik bahkan kerap menimbulkan keputusan yang tidak tepat karena tidak menggunakan parameter yang terukut.

Dengan membuat tool penilaian membantu mengambil keputusan berdasarkan hasil data dan tentu secara objektif. Selain itu hal ini juga akan meningkatkan kualitas dalam perekrutan karyawan.

Hemat Waktu dan Biaya

Tak jarang dalam perekrutan karyawan banyak yang berasal dari luar daerah. Hal ini tentu menjadi suatu pertimbangan penting bagi kandidat karyawan karena membutuhkan banyak biaya dan waktu. Oleh karena itu menggunakan online assessment menjadi salah satu opsi terbaik. Seluruh kandidat dapat mengikuti tanpa khawatir biaya yang besar.

Memudahkan pencocokan dengan budaya perusahaan

Beberapa perusahaan mencari karyawan yang memiliki kepribadian selaras dengan budaya perusahaan tersebut. Hal ini berguna unutk menemukan karyawan yang tidak hanya memiliki keterampilan dan kemampuan tetapi juga mampu bersosialisasi dan cocok dengan perusahaan. Karena tanpa kecocokan dengan perusahaan karyawan mungkin tidak akan bertahan lama.

Mengadakan tes kepribadian online dapat membantu HR untuk menilai kecocokan kandidat karyawan dengan perusahaan.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami