Pendri Putra Permana

Publisher

1 minggu yang lalu


Manfaat Pelatihan Desain Grafis

1 minggu yang lalu - By Pendri Putra Permana

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan kita untuk bisa melek teknologi dan berusaha mengimbangi perubahan. Masyarakat yang terbiasa dengan hal- hal tradisional kini juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang super cepat. Era revolusi digital ditandai dengan media digital yang menguasai sistem informasi dan komunikasi, sehingga, Manfaat Pelatihan Desain Grafis.

Penyampaian informasi dan komunikasi era ini sangat bergantung pada desain grafis. Dengan desain grafis, orang-orang akan mudah menerima dan mengingat pesan yang di sampaikan. Sebelumnya, desain grafis hanya di terapkan pada media cetak seperti koran, brosur, pamflet, dan buku. Namun seiring dengan perkembangan dunia digital, desain grafis di terapkan dalam media elektronik atau kita kenal sebagai desain multimedia.

Baca Juga : Cara Membuat Logo di Canva


Berikut Manfaat Pelatihan Desain Grafis di Berbagai Bidang :

1. Hiburan

Dalam dunia hiburan, contoh nyata manfaat penerapan desain grafis adalah pembuatan poster film dan film kartun. Untuk menarik penonton agar melihat film yang akan tayang, tentunya poster yang di suguhkan harus menarik. Desain yang di hasilkan sesuai dengan tema dan tidak membosankan. Orang-orang cenderung akan lebih tertarik dan penasaran sehingga menantikan film tersebut.

2. Pendidikan

Desain grafis di dunia pendidikan memberikan manfaat kepada siswa untuk lebih memahami mata pelajaran. Dengan bantuan Microsoft Power Point, guru memberikan penjelasan dalam bentuk visual atau gambar dan membuat siswa lebih mudah menangkap materi. Karena, Penggunaan gambar atau visual akan membantu daya ingat siswa mengingat suatu materi dengan lebih baik.

3. Bisnis

Di balik bisnis yang sukses pasti ada suatu konsep dan perencanaan yang matang. Bisnis yang kuat dan mendunia di dukung oleh tim marketing tentunya juga ada desainer grafis. Desainer grafis dalam dunia bisnis sangat di perlukan untuk membangun citra positif merek produk atau jasa. Desain grafis membantu pengenalan produk dengan baik agar tercapainya tujuan marketing. Bentuk desain dalam bisnis seperti desain brosur, banner, logo, dan web perusahaan.

Pentingnya kekuatan desain dalam mengenalkan produk atau bisnis perlu menjadi perhatian perusahaan. Keberhasilan perusahaan di tentukkan pada desainer grafis. Desainer grafis yang handal akan mampu merancang karya yang memiliki nilai estetika dan membujuk konsumen agar meningkatkan penjualan.

4. Personal

Dalam kehidupan sehari-hari desain grafis memiliki manfaat yang jarang kita sadari. Contohnya penerapan desain pada peraturan atau tata tertib di beberapa lembaga. Desain berupa gambar mempermudah penyampaian pesan dan sebagai media komunikasi. Sehingga, Desain grafis berupa pesan gambar akan memberikan ingatan yang lebih di bandingkan tulisan. Komunikasi yang terlalu pasif seperti menggunakan tulisan yang monoton akan menimbulkan kejenuhan dan menghilangkan daya tarik.

Begini Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak :

1. Mulailah untuk belajar dari sekitar 

Mencari bahan atau materi desain melalui internet atau lingkungan sekeliling kita kemudian gunakan trik ATM yaitu, amati, tiru, dan modifikasi.

2. Analisa proses desain

Setiap desain pasti memiliki proses untuk menggabungkan suatu bentuk. Analisa dan kumpulkan karya yang menarik. Pahami langkah-langkah yang di butuhkan untuk menghasilkan karya tersebut.

3. Latihan membuat desain dan minta kritik

Buatlah desain secara berulang-ulang. Tiru desain dari desainer grafis yang handal untuk latihan. Tetapi, jangan sekali kali menyebarkan desain tersebut. Kemudian minta orang lain untuk menilai desain kita. Terima setiap kritik dan saran yang di berikan untuk kita berkembang menjadi yang lebih baik.

Program pelatihan dan pembelajaran praktis desain grafis. Anda akan belajar bagaimana mengembangkan kreativitas melalui desain grafis.

Hubungi Kami