Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


Manfaat Storytelling dalam Digital Marketing

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dalam dunia digital marketing kemampuan dalam membangun sebuah pesan narasi agar sampai kepada para pembaca merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap pelaku digital marketing. Kemampuan tersebut biasa disebut sebagai storytelling. Yups, storytelling kamu tidak salah membacanya. Kata ini mungkin tidak asing bagi teman-teman, kemampuan bercerita ataupun mendongeng arti yang dipahami banyak orang ketika mendengar kata storytelling. Lalu, apa hubungannya storytelling dengan digital marketing? Sebagaimana diketahui storytelling merupakan kemampuan bercerita tentang kisah, peristiwa, sejarah, adegan maupun dialog. Dengan gaya yang khas menyesuaikan pembacas agar bisa menarik para pembacanya.

Baca juga mengenai Bingung Pandemi?? Yuk Lakukan Kegiatan Produktif Ini

Dalam dunia digital marketing storytelling mengalami perubahan makna akan storytelling itu sendiri. Jadi storytelling dalam digital marketing merupakan kemampuan dalam mempresentasikan karakter brand dengan narasi cerita yang mampu menarik minat dari peemvanya. Sehingga menawarkan potensi baru dengan menghipnotis pembaca mereka. Sebagai bagian dari strategi digital marketing yang bisa diterapkan dalam bisnis anda, storytelling memberikan berbagai macam manfaat, antara lain:

Menarik minat pembaca

Kalau anda dihadapkan dalam sebuah promosi di akun sosial media antara yang langsung to the point promosi sedangkan yang satunya dikemas dengan sebuah narasi cerita yang menarik, kira-kira anda lebih menarik yang mana? Pasti jawabannya yang dikemas dalam sebuah narasi cerita. Hal ini karena, manusia cenderung menyukai cerita yang menarik daripada langsung to the point. Apalagi kalau narasi cerita yang dibuat sudah menyentuh level kebutuhan para pembaca maka akan lebih mengena bagi mereka. Dan menarik minat merupakan awalan bagi seseorang ketika akan memutuskan untuk membeli suatu produk ataupun jasa.

Melibatkan emosi pembaca

Ketika seseorang sudah mampu melibatkan emosi seseorang, maka ia bisa mengendalikan orang tersebut sesuka hatinya. Terlihat menyeramkan, namun begitulah faktanya. Narasi cerita yang sudah anda buat bila bisa menyentuh emosi dan perasaan para pembaca maka akan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan anda. anda bisa membuat narasi yang memotivasi, mengharukan atau bahkan melibatkan emosi kemarahan pembaca anda. itu semua bergantung dari target pembaca yang menjdi market anda.

Membuat fokus pembaca

Sesuatu yang “menarik” akan membuat seseorang menaruh minat dan fokus kepadanya. Apapun itu termasuk cerita yang anda bangun dalam strategi digital marketing. Fokus ini dibutuhkan agar pembaca hanya melihat produk ataupun jasa anda dan menganggap itu merupakan pilihan utama yang harus mereka gunakan.

Mudah diingat dan berkesan

ada sebuah anonim yang mengatakan bahwa konten yang membekas diingatan para pembaca adalah konten yang memiliki semangat tertentu. ntah itu kisah sukses dia, kesedihan, kemalangan maupun sumber inspirasi yang menguras-nguras emosi mereka sehingga sampai kapanpun tetap ingat kan konten yang sudah dibuat.

Selebihnya bisa kunjungi website Campusdigital


Hubungi Kami