Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website

Manfaat Website Bagi Sekolah di Masa Pandemi

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

Sejak mulainya pandemi COVID-19, semua kegiatan belajar mengajar di seluruh jenjang pendidikan beralih menjadi metode pembelajaran online. Setahun setelah berjalannya pandemi, sudah banyak sekolah yang menyediakan fasilitas memadai untuk pembelajaran online, salah satunya adalah dengan membuat website. Ada banyak manfaat yang terasa ketika membuat website bagi sekolah selama pembelajaran daring. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat website bagi sekolah selama masa pembelajaran online berlangsung.

Baca juga Mahir Bahasa Inggris Itu Penting!

Pusat Ekosistem Pembelajaran

Jika sekolah memiliki pemikiran yang out-of-the-box untuk memanfaatkan web sekolah semaksimal mungkin, mereka dapat menggunakan web sekolah untuk tempat informasi pembelajaran. Selayaknya aplikasi Google Classroom, website sekolah bisa menjadi tempat untuk menyediakan informasi tugas dan tempat pengumpulan tugas. Selain itu, tempat untuk mengunggah file materi dan link menuju aplikasi konferensi bisa tersedia di laman web tersebut. Yang lebih menariknya lagi, sekolah dapat menggunakan website untuk mengabsen siswa-siswinya yang masuk ke dalam kelas. Dengan ini, maka sekolah tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tunjangan lain untuk belajar.

Portal Informasi Sekolah

Untuk kegiatan yang pelaksanaannya melibatkan satu sekolah, informasi mengenai acara tersebut bisa sekolah publikasikan menggunakan website. Bahkan, sekolah juga dapat melakukan pemilihan Ketua OSIS atau Kepala Sekolah secara online dengan cara membuat segmen voting di dalam website tersebut. Sekolah juga dapat membuatkan blog di dalam website sebagai portal berita sekolah yang pengelolaannya melibatkan anggota ekskul jurnalistik sekolah atau guru-guru bahasa. Selain itu, informasi mengenai penerimaan siswa dan siswi baru sekolah tersebut dapat mereka unggah di dalam website sekolah tersebut. Dengan ini, sistem informasi sekolah akan menjadi lebih terintegrasi dan rapi.

Media Promosi Sekolah

Untuk masyarakat luar sekolah yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai sekolah, mereka dapat mengakses situs web yang sekolah sediakan. Sekolah dapat memuat informasi dasar seperti fasilitas dan akreditasi sekolah, jajaran dewan pengurus sekolah, guru-guru yang mengajar, serta ekskul yang sekolah sediakan di dalam web tersebut. Selain itu, sekolah juga dapat membuat konten-konten menarik untuk unggahan di dalam website untuk kegiatan promosi sekolah. Tak lupa, sekolah juga dapat membuat website yang mereka miliki untuk terintegrasi dengan media sosial sekolah dan juga kontak warga sekolah untuk info lebih lanjut. Dengan sistem ini, sekolah akan mendapat promosi yang maksimal dan memiliki citra baik di masyarakat.

Selama masa pandemi COVID-19, inilah manfaat-manfaat website yang dapat sekolah-sekolah rasakan. Semoga dengan adanya paparan manfaat situs web bagi sekolah ini, akan semakin banyak sekolah-sekolah yang menggunakan situs web untuk memajukan kualitas sekolah mereka. Semoga bermanfaat!

Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi  Campusdigital 

Hubungi Kami