Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # marketplace # #terupload #tips&trik

Marketing Dengan Advertising: Apa Bedanya?

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Kebanyaakan orang pasti sulit membedakan antara marketing dengan advertising ataupun sebaliknya. Keduanya sama-sama penting dalam dunia bisnis tapi kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Untuk penjelasan mengenai perbedaan keduanya yuk simak artikel di bawah ini:

Pengertian Iklan Serta Fungsi, Jenis, Tujuan dan Advertising Agencies - MKV

Marketing

Pemasaran merupakan suatu bentuk kegiatan berupa proses dari perencanaan iklan hingga menargetkan konsumen sesuai dengan produk dan layanan yang di tawarkan dengan proses penjualan secara menyeluruh serta termasuk juga dalam tindak lanjut setelah pembelian.

Marketing adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu, riset dan implementasi marketing plan agar bisa menjadi efektif. Marketing adalah segala sesuatu yang di lakukan perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi dan kegiatan yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya.

Advertising

Suatu bentuk strategi pemasaran yang merupakan suatu kegiatan yang berisi pengumuman atau pesan persuasif berbayar, publik dan non personal oleh sponsor. Tujuannya juga sama sama untuk menarik pembeli agar menggunakan produk/jasa yang di tawarkan. Advertising merupakan bentuk dari proses marketing yang mencakup aktivitas penyampaian pesan persuasif yang di tawarkan perusahan atau brand.

Advertising mencakup hal-hal mengenai proses pengembangan strategi iklan seperti placement, frekuensi penayangan, dan lainnya. Placement atau penempatan suatu iklan memiliki berbagai macam media seperti email, koran, direct mail, billboard, baliho, tv, radio, media sosial dan Internet. Advertising merupakan bagian yang paling banyak memakan biaya dalam pembuatan iklannya dari kebanyakan aktivitas marketing.

Lalu Bagaimana Mebedakanya?

Cara terbaik dalam membedakan antara marketing dengan advertising adalah dengan perumpamaan marketing sebagai sebuah roti, dimana di dalam roti tersebut terdapat irisan advertising, riset, media planning, public relations, product pricing, distribusi, customer support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya sebuah bagian dari pemasaran. Semua bagian tersebut harus bekerjasama satu sama lain dan tidak bisa berdiri sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Demikian paparan mengenai perbedaan pemasaran dan periklanan. Jika kamu masih kesulitan membedakannya kamu bisa mencari lebih lanjut informasi seputar marketing maupun advertising di Campus Digital. Di sini kamu akan di ajari oleh para professional di bidangnya. Info selengkapnya klik di sini!

Hubungi Kami